Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Sumpah Pemuda Kristalisasi Semangat Pemuda - M. Yuzer Nasron
Sumpah Pemuda Kristalisasi Semangat Pemuda - M. Yuzer Nasron

Sumpah Pemuda Kristalisasi Semangat Pemuda

HARI ini merupakan tonggak lahirnya kesatuan pemuda Indonesia, 78 tahun yang lalu tepatnya 28 Oktober 1928, pemuda Indonesia menyatu untuk bersama menegakkan negara kesatuan Republik indonesia. Menyatu diantara beragam ras, suku, bahasa.

Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat yang membara dan membahana yang menegaskan cita cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah pemuda berisi kekuatan kebersamaan pemuda Indonesia tentang semangat “Bertanah air satu tanah air Indonesia, Berbangsa satu bangsa Indonesia, Berbahasa satu bahasa indonesia”.  Hal tersebut menjadi awal yang sangat penting bagi kemerdekaan Indonesia, sebelum merdeka, setelah merdeka bahkan hingga saat ini.

Apakah hari ini pemuda masih memiliki rasa kebersamaan yang kuat sebagai wujud kesatuan?! Tentu menjadi pertanyaan yg mendasar tatkalah hari ini pemuda Indonesia banyak disibukkan dengan aktivitas pribadi yang jauh dari nasionalisme bahkan cenderung bersaing antar pemuda terkait hal hal negatif dan sangat tidak produktif.

Baca Juga :   Palembang Madani Perwujudan Palembang Darussalam Abad Modern

Berapa banyak pemuda yg hari ini sibuk bekerja tanpa ingat dengan hari sumpah pemuda, seolah telah terbius dg aktivitas kerja yang tak seberapa bila dibanding dg perjuangan pemuda terdahulu.

Sebagai pemuda hari ini, kita harus sadar akan pentingnya perjuangan pemuda terdahulu karna dgn perjuangan mereka kenyamanan dan kedamaian kita dapati hari ini.

Kebersamaan ditengah keberagaman tentunya harus terus dijalankan kan sebagai upaya memupuk persatuan untuk menjadi kuat dalam membangun bangsa, bangsa indonesia, tanah air Indonesia.

Baca Juga :   Idul Fitri: Fitrah dan Membangun Ukhuwah

Sumpah pemuda merupakan bukti otentik semangat juang yang lahir dari para pemuda Indonesia, yang menyadari bahwa tidak akan dapat merdeka bila tidak adanya persatuan dan kebersamaan dalam mewujudkan kemerdekaan.

Kelahiran pemuda Indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah tekanan kaum kolonialis waktu itu, karena masih terkotak kotak dan melakukan perjuangan berdasarkan daerah dan suku masing masing. Kondisi ketertindasan inilah yang mendorong pemuda untuk bersatu mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa indonesia, komitment ini menjadi tekad bangsa Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaan republik indonesia pada 17 Agustus 1945.

Mantan Ketum HMI Cabang Palembang dan Kini Mahasiswa Pascasarjana UIN Raden Fatah

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Redaksi DetikSumsel.com

Avatar
Jln Letnan Murod Talang Ratu KM 5 Palembang, No 725 Rt 16/05 Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang. Email: detiksumsel@gmail.com, Facebook: Koran Detik Sumsel, Twiter @DetikSumsel, Instagram: @DetikSumsel. Telephon: 0711-571684

Check Also

Pemuda Buta Politik?

Sebagai pemuda sudah menjadi tanggungjawab kita kepada ibu pertiwi untuk mencerdasakan dan memajukan negeri ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *