Gran Fondo
Petugas DLH Lahat saat membongkar TPS Muhammadiah Pasar Lematang Lahat. Foto Heru/DS

Sulap TPS Jadi Ruang Terbuka Hijau

Lahat, Detik Sumsel — Komitmen Sekda Lahat, Januarsyah Hambali SH MM, untuk menertibkan persoalan sampah di area Pasar Lematang, Lahat. Nampaknya benar-benar ditunjukkan Januarsyah. Ratusan pedagang bahkan dikumpulkan untuk berdiskusi, agar menghasilkan solusi terbaik.

“Nanti akan ditempatkan satu armada truk sampah, di area pedagang buah-buahan. Jadi pedagang tidak lagi membuang sampah di TPS yang lama,” ujar Januarsyah, Rabu (19/6).

Keputusan itu diambil, karena TPS Muhammadiyah yang selama ini digunakan pedagang dan masyarakat untuk membuang sampah, sudah ditutup. Mengingat keberadaannya terlalu dekat dengan sarana ibadah, seperti masjid dan gereja.

Baca Juga :   Taufik Hilang Saat Berenang di Sungai Saka, Basarnas Masih Melakukan Pencarian

“Kawasan TPS lama itu, nantinya akan dijadikan ruang terbuka hijau. Memang letak TPS itu tidak strategis, karena berdekatan dengan sarana ibadah,” sampainya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Misri, melalui Kabid LB3, Budi Utama SIp membenarkan, TPS dilokasi itu sudah ditutup. Dirinya berharap akan kesadaran masyarakat merubah kebiasaannya, untuk tidak lagi membuang sampah dilokasi tersebut. Sedangkan untuk solusinya, armada sampah bakal ditaruh dilokasi yang ditentukan pihak pasar.

“Bila perlu sebelum dibuang, sampah ini sudah dipilah. Mana sampah basah, sampah kering, dan sampah bernilai ekonomis. Jadi persoalan sampah di lokasi pasar ini, bisa teratasi,” jawab Budi, Kamis (20/6).

Baca Juga :   Edarkan Upal, Dua Pemuda di OKU Diamankan Polisi

Disisi lain, Ujang (49) salah satu pedagang menuturkan, bakal mendukung apapun keputusan yang diambil pemerintah. Karena persoalan sampah ini, juga berdampak ada kenyamanan masyarakat yang berbelanja.

“Kalau saya mendukung apapun keputusannya. Karena kalau pasar bersih, pembeli nyaman, kami sehat, masyarakat sekitar tidak merasa terganggu,” tuturnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Dua Jam Api Berkobar, Sembilan Rumah Jadi Arang

Palembang, Detik Sumsel — Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kiai Marogan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *