Beranda Daerah Sulap Dedaunan Jadi Pupuk Kompos

Sulap Dedaunan Jadi Pupuk Kompos

Tanggal : Pukul :
247
0
Petugas DLH Lahat tengah mengolah pupuk kompos. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Memanfaatkan sampah dedaunan bekas penebangan pohon ruang terbuka hijau di Kota Lahat. Dinas Lingkungan Hidup Lahat, sulap tumpukan dedaunan itu menjadi pupuk kompos. Menariknya, pengolahan pupuk kompos itu juga jadi bahan edukasi, bagi pelajar di Kota Lahat.

Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Lahat, M Khairul mengatakan, sampah dedaunan ini hasil pemangkasan dari pihak PLN, dan kumpulan petugas di sejumlah TPS. Pengomposan ini juga bagian dari upaya kita, untuk mengurangi debit sampah yang masuk ke TPA di Gumay Talang.

“Proses pengomposan ini tiap hari kita lakukan. Hal ini juga yang ingin kita terapkan ke masyarakat, bahwa sampah organik juga bisa diolah menjadi pupuk kompos diperkarangan rumah,” ujar Khairul, Kamis (4/7).

Selain untuk mengurangi kapasitas sampah, pengolahan pupuk kompos ini juga jadi media edukasi. Pihaknya juga sering memberikan pelatihan pengolahan sampah ke pelajar di Kota Lahat, mulai dari tingkat TK hingga SMP. Dengan tujuan, anak-anak sudah sejak dini peduli dengan kebersihan lingkungan dan pemanfaatan sampah.

“Pupuknya juga kita jual, seharga Rp 2 ribu per kilo. Biasanya dibeli oleh ibu-ibu komunitas kembang, dan penyuluh pertanian. Hasilnya penjualan, untuk uang lelah petugas kita sendiri,” sampainya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here