Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Hari Guru
Statment Menlu Terkait ABK Tuai Polemik
Kantor Hukum Prasaja Nusantara meliputi Saddam, SH., didampingi Aulia Azis, SH., dan Subrata, SH., saat menyambangi rumah korban ABK di Desa Serdang Menang SP Padang OKI belum lama ini

Statment Menlu Terkait ABK Tuai Polemik

Kayuagung, Detik Sumsel — Statment Menlu Retno Marsudi yang menyebutkan kalau keputusan pelarungan jenazah Anak Buah Kapal (ABK) diambil kapten kapal karena disebabkan penyakit menular berdasarkan persetujuan awak kapal lainnya menuai kecaman.

Kantor Hukum Prasaja Nusantara meliputi Saddam, SH., didampingi Aulia Azis, SH., dan Subrata, SH., beranggapan pernyataan Retno bahwa keluarga korban sudah diberitahu dan sudah mengizinkan jenazah ABK dibuang ke laut sangat menciderai hati dan perasaan keluarga korban.

“Sekarang apa buktinya kalau korban memiliki penyakit menular. Sedangkan pihak perusahaan menyatakan kepada pihak keluarga kalau mereka sakit dan tidak dijelaskan mengidap penyakit menular. Jadi disini saya melihat ini seolah-olah kebenaran ditutupin dari publik,” kata Advokat Saddam, SH., Minggu (10/5/2020).

Baca Juga :   DPP PDI Perjuangan Tetapkan Ali Sya'ban jadi Wakil Ketua DPRD Palembang

Menurut Saddam, sebagai diplomat yang berpengalaman, seharusnya Retno paham dan melindungi ABK Indonesia, bukan justru menutup-nutupi kekejaman dan kesadisan yang dilakukan Cina. Bahkan sikap Menlu seolah-olah membela Cina.

Dia menilai apa yang dialami oleh para ABK tersebut adalah bentuk dari pelanggaran hak asasi manusia (HAM), dimana mereka terenggut kebebasannya, bekerja dalam kondisi tidak layak, tidak mendapatkan hak atas informasi, hingga hak yang paling dasar yaitu hak atas hidup pun terenggut.

“Ini permasalahan kemanusiaan, dimana anak bangsa tersiksa dan kehilangan nyawa. Harusnya peran pemerintah disini harus melindungi warganya,” tuturnya.

Baca Juga :   17 Anggota Polres Pagaralam Naik Pangkat

Dia berharap pemerintah dapat lebih peka dalam melindungi warganya jika terjadi suatu masalah, termasuk mengusut sampai tuntas kasus dialami ABK tersebut dengan harapan ke depan tidak kembali terulang kejadian seperti itu. (Iyan)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Darfian Mahar Jaya

Avatar

Check Also

Edhy Prabowo Ditangkap KPK di Bandara Soetta, Usai Pulang Lawatan dari Amerika

Jakarta, Detik Sumsel- Komisi Pemberantasan Korupsi disebut menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda