Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Palembang Stasiun LRT Diusulkan Diisi UMKM

Stasiun LRT Diusulkan Diisi UMKM

Tanggal : Pukul :
230
0
Salah satu stasiun LRT Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia  (PHRI) meminta dukungan dari pemerintah terutama Dinas Pariwisata, untuk memanfaatkan stasiun LRT. Rencananya, stasiun ini akan dijadikan sentral usaha industri kreatif dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumsel.

“Kita merencanakan setiap stasiun memiliki ciri khas tersendiri, misalnya stasiun Palembang Icon, bisa menghadirkan tenant kecil yang menjual berbagai produk unggulan UMKM,” jelas Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiuddin, Kamis (29/11).

Ia menambahkan, untuk bisa masuk dan berjualan di stasiun tersebut, harus lebih dahulu diseleksi. UMKM tesebut harus bisa menghadirkan produk yang unik dan menarik dengan harga yang terjangkau.

Herlan menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan berkonsultasi dengan pemerintah daerah terutama dinas terkait.

“Kami mengharapkan akhir tahun nanti semua stasiun LRT berbeda fungsi. Misalnya stasiun yang lebih besar seperti Cinde, Jakabaring, dan Bandara dengan kapasita besar, bisa dikelola seperti semi mall. Sedangkan stasiun lain dibuat cafe dan beberapa lainnya menawarkan produk UMKM dengan ciri khas masing-masing, diharapkan masyarakat tertarik untuk naik LRT,” katanya.

Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan pengguna LRT, karena selama ini hanya ramai saat hari libur saja. Sejauh ini keberadaan LRT hanya digunakan untuk wisata masyarakat Palembang.

“Kenapa tidak sekalian LRT dimasukkan  ke dalam paket pariwisata bagi tamu dari luar Palembang,” ujarnya.

Mereka bisa menikmati wisata Palembang dan ketika sampai di setiap stasiun, disuguhkan aneka kerajinan, makanan dan souvenir khas Palembang.

Untuk itu pihaknya akan duduk bersama dengan sejumlah pihak terkait , mulai dari pemerintah, pihak KAI, dan pihak travel, untuk bisa menghadirkan dan mencantumkan wisata dengan LRT dalam paket yang mereka tawarkan.

Dari 13 stasiun yang ada, diharapkan tiga stasiun besar bisa berfungsi sebagai mall untuk memanjakan masyarakat yang naik LRT. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here