Pemerintah Kabupaten Banyuasin Siap Menyukseskan Asian Games Tahun 2018

SMK Muhammadiyah Belitang Wakili Sumsel di Event Tecnical Skill Contest 

0
432

Martapura, Detik Sumsel — SMK Muhammadiyah Belitang merupakan satu-satunya SMK di OKU Timur yang menjadi Binaan Astra Honda Motor. Untuk kurikulum pendidikan sesuai dengan kurikulum yg dibuat oleh Astra Honda Motor.

Program Link and Match dengan industri yang di canangkan oleh kementrian pendidikan sudah diterapkan di SMK Muhammadiyah Belitang. Bahkan Pada tanggal 11 mei 2018 kemarin SMK Muhammadiyah Belitang Menandatangani MoU SMK Vokasi Industri di bawah naungan Kementerian Perindustrian.

Kepala SMK Muhammadiyah Belitang Dra Puspita Ratna mengatakan dengan kerjasama seperti ini diharapkan dapat menciptakan alumni yang benar-benar terampil dan sesuai kebutuhan industri saat ini.

“Dengan semakin berkembangnya teknolgi otomotif khususnya sepeda motor Honda, kerjasama ini sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Ruang praktek di sekolah juga sudah di standarisasi oleh Astra Honda Motor,” terangnya.

Tenaga pendidik di training langsung oleh pihak Astra Honda Motor untuk mempelajari teknologi terbaru dari sepeda motor Honda. Dengan tenaga pendidik yang terampil maka peserta didikpun mampu menerima materi atau pelajaran dengan baik.

“Sehingga bisa menjadi tenaga terampil yang siap bersaing di dunia industri saat ini,” imbuhnya.

Beberapa hari yang lalu Astra Motor Palembang menggelar ajang yang bergengsi yatu Technical Skill Contest For Technical High Scool bagi siswa Teknik dan bisnis sepeda motor Astra Honda yang diselenggarakan di Astra Motor Plaju  tanggal 12 sampai 13 September 2018.

“Kegiatan ini diikuti 14 siswa jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dari 14 sekolah binaan Astra Motor Palembang yang tersebar di Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Selatan,” jelasnya.

SMK Muhammadiyah Belitang mengirimkan peserta terbaiknya untuk mengikuti kontes tersebut. Tentunya peserta yang dikirim ialah siswa terbaik ditingkat sekolah dan sudah melalui proses seleksi yang ketat  yang dilaksakan beberapa bulan yang lalu.

“Adapun peserta terbaik tersebut yaitu Ari Liyandi Kelas XII jurusan TBSM Astra Honda. Dengan persiapkan yang matang akhirnya mampu menyabet juara I ( satu ) pada Technical Skill Contest For Technical High Scool dan tentunya menjadi kontestan terbaik se-sumatera selatan. Penilaian lomba terbagi dalam 3 kategori yaitu teori, praktek meja dan mantenence job,” imbuhnya.

Sementara Dwi Haryanto selaku kepala Jurusan mengatakan, kedepan kontes tingkat Nasional akan dilaksanakan bulan depan yakni tanggal 15 sampai 17 Oktober 2018 yang diadakan di Jakarta. “Karena membawa nama baik sumatera selatan maka SMK Muhammadiyah Belitang mempersiapkan peserta dengan sebaik mungkin dan memberikan trining dengan maksimal,” ujar Dwi Haryanto.

Begitu pula menurut Tri Iwantoro selaku Kepala Devisi Trining Astra Motor Palembang akan memberikan Trining pada siswa tersebut kurang lebih selama 2 minggu. “Trining tersebut akan dilaksanakan di Astra Motor Motor Palembang,” ungkapnya.

Sementara Manajer Technical Service Departement Ahmad Wahyudi Irmono menambahkan, kontes ini dilakukan untuk memastikan Skill siswa binaan Astra Honda Motor.

“Yang menjadi peserta terbaik di tingkat Nasional maka akan mendapakan beasiswa Politeknik Manufacturing Astra di Jakarta,” jelasnya.(rdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here