Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Sinergi Ulama dan Umara untuk Sumsel Maju

Sinergi Ulama dan Umara untuk Sumsel Maju

Tanggal : Pukul :
583
0
Kegiatan Forum Komunikasi Ulama dan Umara Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Dalam rangka membangun hubungan antar umat beragama, Forum Komunikasi Ulama dan Umara Provinsi Sumatera Selatan melalui Staff Khusus Gubernur Bidang Agama Agama Sumsel, KH Amiruddin Nahrawi M.Pd.i serta dihadiri juga oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru sengaja adakan kegiatan Kultum di Mushallah Kantor Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumsel yang dihadiri oleh beberapa pegawai dan Pejabat Pemprov Sumsel.

Gubernur Bidang Agama Agama Sumsel, KH Amiruddin Nahrawi M.Pd.i menjelaskan bahwa kegiatan yang diadakan tersebut merupakan peresmian Komunikasi Ulama dan Umara Provinsi Sumatera Selatan yang langsung diresmikan oleh Gubernur Sumsel.

“Jadi nanti Forum ini akan dibentuk juga di seluaruh Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Selatan, karena tujuannya ini kan sangat dibutuhkan sekalu oleh manusia. Antara Ulama dan Umara ini sangat penting untuk bersatu, apalagi dierah politik yang sebentar lagi akan ada Pemilu,” jelasnya di Musallah Lantai 2 kantor Pemprov Sumsel, Rabu (02/12).

Menurut Cak Amir sapaan akrabnya, bahwa dengan adanya Ulama Umara tersebut, diharapakannnya kedepan dapat menjadi Filter dari tindakan yang tidak baik, seperti Fitnah dan tindakan lainnya yang dapat memecah kesatuan antar umat beragama.

Baca Juga :   Herman Deru Gerak Cepat Antisipasi Dampak Kabut Asap

“Jadi kita disini, paling tidak dimana Bapak Gubernur ada kegiatan yang sifatnya keagamaan tentunya Forum Ulama dan Umara lah yang menjembatani itu,” ujarnya.

Cak Amir juga berharap kepada para seluruh ANS dan SKPD untuk dapat bekerjasama dengan kegiatan Forum Ulama dan Umara tersebut. “Setiap Minggunya hari Rabu dan Kamis. Pada sebulan sekali, akan mengundang penceramah Nasional, misalnya pada Januari ini kita akan mengundang Imam Besar Masjid Istiqlal yaitu KH Prof Dr KH Nazaruddin Umar,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan, bahwa dirinya sengaja mengumpulkan para Staff dan Pejabat Pemerintahan untuk dapat berkumpul di Mushalla Lantai 2 Pemrov Sumsel guna mengajak para ASN Pemprov Sumsel untuk mengawali Tahun 2019.

“Diawal 2019 ini kita berkumpul dimana saya memang sengaja bersama Staf Khusus KH Amiruddin Nahrawi MPd.i beserta Prof Duski Ibrahim selaku ketua Forum Komunikasi Ulama dan Umara dalam rangka peresmian Forum Komunikasi Ulama dan Umaro serta mengawali Tahun 2019 dengan awal jalannya perencanaan yang direncanakan oleh kami Herman Deru, Mawardi,” jelasnya.

Baca Juga :   Selesaikan Masalah Internal SFC, Ini Upaya Gubernur Sumsel

Herman Deru juga mengatakan, dalam kesempatan tersebut merupakan tepat 91 hari dimana dirinya mulai bekerja sebagai Gubernur Sumsel Priode 2018-2023.

“Tentu nuansa berbeda yang dimulai hari ini. Kalau 2018 kemarin kan saya hanya ikut saja sebagai pelaksana tetapi perancanaannya tidak. Jadi dalam hal ini kita sengaja mengawalinya dengan Sholat Zuhur berjamaah, ” ujarnya.

Terkait Forum Ulama dan Umara, Herman Deru menjelaskan, bahwa hukum tertinggi yang dimiliki oleh manusia adalah aturan agama. “Baru terus didalam keseharian itu kita sebagai umat atau warna Negara, ada Undang-Undang juga. Jadi harus Sinergi dong, karena sumber dari segala hukum ini kan Agama yang kita anut,” singkatnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here