Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Musi Banyuasin
Beranda Ekonomi Siasati Penurunan Omzet, Dept Store Maksimal Personal Shopper

Siasati Penurunan Omzet, Dept Store Maksimal Personal Shopper

Tanggal : Pukul :
271
0
Karyawan JM group tengah memberikan layanan maksimal pada konsumen
Karyawan JM group tengah memberikan layanan maksimal pada konsumen (maya/detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Sejak diberlakukanya social distancing dan physical disting oleh pemerintah awal Maret lalu. Telah berdampak pada pusat perbelanjaan yang membuat omzetnya mengalami penurunan drastis.

Seperti halnya pusat perbelanjaan JM Group, yang mengalami penurunan omset hingga 90 persen. Penurunan drastis ini terjadi khususnya dibagian departemen store yang menyediakan fashion , aksesoris, sepatu hingga kebutuhan rumah tangga sejak bulan Maret lalu sepi pengunjung.

Penurunan omzet hingga 90 persen baru kali ini terjadi, apalagi menjelang Ramadhan. Biasanya pada tahun – tahun sebelumnya, setiap memasuki Ramadhan departemen store jadi andalan untuk meningkatkan pendapatan.

‚ÄúSekarang kita maksimalkan supermarket karena sembako dan kebutuhan sehari- hari yang masih dibeli masyarakat,” ungkap Corporate General Manager Affair JM Group, Deni Mulyawan, Senin (27/04).

Baca Juga :   SMBR Siap Suplay White Clay Untuk Pusri

Deni menambahkan, kini JM Group memaksimalkan operasional supermarket dengan menyediakan personal shopper selain mengandalkan layanan belanja online yang sudah lama dimiliki JM.

Personal shopper ini memberikan kemudahan konsumen yang ingin belanja tanpa harus keluar rumah. Cukup kirimkan list daftar belanja yang akan dibeli dan petugas JM akan menyiapkan produk yang diinginkan. Jika sudah tersedia maka akan diberi tahu berapa total jumlah barang belanjaannya.

Setelah konsumen mentransfer uang pemesanan barang belanjaan, maka barang akan langsung dikemas dan dikirim ke konsumen melalui layanan GoSend. Layanan ini dikenakan biaya antara sesuai aplikasi dari titik pengambilan barang di JM Letkol Iskandar.

Baca Juga :   Febrita Lustia Terima Donasi Alkes dari Telkom Untuk PMI

“Caranya mudah, pesan, bayar, barang akan langsung di antar ke rumah tanpa minimal belanja,” katanya.

Ditambahkanya, biasanya barang yang dibeli konsumen melalui layanan personal shopper ini produk sembako dan kebutuhan sehari-hari. Deni mengatakan secara keseluruhan layanan belanja online naik hingga 20 persen sejak penerapan sosial distancing.

Meski omset anjlok drastis, namun JM tidak merumahkan sementara karyawan, kecuali di JM Palembang Square yang memang tutup mengikuti kebijakan mall yang tutup operasional sementara waktu.

“Semaksimal mungkin kita tidak merumahkan karyawan, karena kita tidak ingin ada pengangguran sehingga diberlakukan sistem shift bekerja. Semoga Pandemi ini segera berlalu dan aktivitas kembali berjalan normal,” harapnya.(May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here