Beranda Ekonomi Siapkan Tambahan Dana Antisipasi Penukaran Dolar

Siapkan Tambahan Dana Antisipasi Penukaran Dolar

Tanggal : Pukul :
558
0
Head of District Manager PT H Latunrung, Ferah Askari

Palembang, Detik Sumsel – Setelah sempat menguat selama lebih kurang dua pekan terakhir, hari ini nilai tukar Rupiah terhadap Dolar kembali turun hingga Rp 15 ribu. Melemahnya nilai tukar rupiah tersebut membuat sebagian orang yang memiliki simpanan uang Dolar mulai mendatangi tempat penukaran uang atau money changer.

Head of District Manager PT H Latunrung, Ferah Askari mengatakan, kenaikan harga dolar tidak terlalu signifikan. “Penukaran tidak terlalu banyak, sampai saat ini total penukaran mencapai 5-6 ribu USD. Ini sudah tinggi bila dibandingkan penukaran Dolar di hari biasa yang hanya mencapai 3 ribu USD, atau naik sekitar 10 hingga 15 persen saja,” jelasnya, Rabu (03/10).

Ia menambahkan, belajar dari beberapa minggu lalu, pihaknya saat ini sudah mengantisipasi penambahan stok dana bila terjadi lonjakan permintaan penukaran Dolar.

Masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan dana, karena seberapa besar pun permintaan masyarakat pihaknya akan langsung konfirmasi langsung ke pusat. Karena untuk dana di atas 100 juta ke atas pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak perbanķan untuk pencairan.

Saat ini untuk harga jual uang Dolar sebesar Rp 15 ribu, sedangkan harga beli Rp 14 ribu lebih per Dolar. Meski demikian sekarang ini banyak konsumen justru membeli Dolar untuk investasi atau untuk persiapan mereka keluar negeri.

Ferah menambahkan, sebagai perusahaan penukaran uang, tentu saja kenaikan memberikan imbas pada penurunan jumlah pembeli Dolar.

“Kita mengharapkan agar harga Dolar segera turun karena kalau terus meningkat akan berdampak dengan penurunan daya beli,” jelasnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here