Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Detik Sumsel/Tohir - Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Ferdi Silalahi dan Komandan Pangkalan TNI AL Palembang Kolonel Laut (P) Dwi Prasetyo salam komando di Pelabuhan Boom Baru.

Siapkan Rp 1,5 Miliar Uang Baru Untuk Daerah Perairan

Palembang, Detik Sumsel – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel menyiapkan uang tunai baru senilai Rp 1,5 miliar untuk disalurkan ke wilayah 3T (Terluar, Terpencil, dan Terdepan). Penyaluran dilakukan dengan kas keliling dengan kapal patroli Sungai Musi milik Pangkalan TNI AL Palembang.

Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Ferdi Silalahi, mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua di tahun 2018.

“Uang baru senilai Rp 1,5 miliar itu nantinya akan didistribusikan dengan cara penukaran di Pasar Primer sepanjang daerah perairan Sungai Lalan Kecamatan Karang Agung Kabupaten Musi Banyuasin. Rutenya Desa Primer 11, 16, 14, 2, dan terakhir Desa Primer 1,” ucap Ferdi saat diwawancarai di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat (2/11).

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Instruksikan Bupati-Walikota Membuat ODP Center Penanganan Covid-19

Selanjutnya, BI akan mengambil uang lusuh yang ditukarkan dari pulau-pulau tersebut untuk kemudian dibawa ke kantor BI pusat untuk dimusnahkan. “Pecahan uang yang dibawa mulai dari Rp 2 ribu – Rp100 ribu,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL Palembang, Kolonel Laut (P) Dwi Prasetyo menambahkan, pihaknya sangat mendukung program yang digelar BI Sumsel ini.

“Kegiatan akan berlangsung selama enam hari dan tanggal 7 November 2018 nanti baru pulang lagi dan dari TNI AL dengan kapal patroli Sungai Musi kami dukung ABK sebanyak 14 personil dan empat personil dari BI. Tidak hanya angkutan, tapi juga pengamanan,” jelas Dwi.

Ditambahkannya, Layanan Kas ini merupakan kelanjutan dari kerjasama Bank Indonesia dengan TNI AL yang telah berlangsung sejak 2016 dan merupakan penguatan dari program layanan kas yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga :   Wawako Palembang Ajak DKP untuk Terus Bersinergi

“Program ini merupakan inisiatif Bank Indonesia untuk meningkatkan perluasan jangkauan distribusi uang dan layanan kas BI hingga mencapai area desa yang selama ini sulit mendapatkan uang dengan kualitas yang baik,” terangnya.

Selain itu, Bank Indonesia juga akan tetap melaksanakan dan memperkuat kerja sama distribusi uang dengan lembaga lainnya, termasuk dengan TNI AL untuk menjangkau pulau-pulau terluar Indonesia.

Melalui program Ekspedisi Layanan Kas, masyarakat di daerah terpencil, terdepan dan terluar pun akan lebih mudah mendapatkan uang layak edar, serta menukarkan uang mereka yang sudah tidak layak edar. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Maya

Avatar

Check Also

Masuk ke Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Pengunjung Wajib Memakai Masker

Palembang, Detik Sumsel — Pengelola museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) yang terletak di Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *