Beranda Daerah Sewa Belum Dilunasi, Siap-siap Kios Bakal Digembok

Sewa Belum Dilunasi, Siap-siap Kios Bakal Digembok

Tanggal : Pukul :
296
0
Kadisperindagkop UKM Pagaralam Saidi Amrullah. (Foto : Rendi/Detik Sumsel)

Pagaralam, Detik Sumsel – Demi mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor penyewaan kios pasar, yang dinilai sampai saat ini belum mencapai target. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Pagaralam memberikan ultimatum kepada pedagang pasar Dempo untuk segera lunasi sewa.

“Untuk kontribusi ke PAD dari sewa pasar dua tingkat (Pasar Dempo) masih belum sesuai harapan dari target sekitar Rp.751 juta tiap tahunnya,” ungkap Kadisperindagkop UKM  Pagaralam Saidi Amrullah, melalui Kasi Bina Pasar, Herdiansyah. (19/10).

Hingga dipertengahan Oktober 2018 ini baru tercapai sekitar 30 persen dari target, ditegaskan Herdiansyah. Dia mengaku, seperti tahun sebelumnya tindakan tegas dari pemkot, melakukan sanksi bagi penunggak sewa yang jumlahnya sekitar 476 kios dengan kisaran sewa bervariasi mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp 4 juta setiap tahunnya.

Pengalaman tahun lalu tunggakan aewa bahkan ada yang empat tahun nunggak. Oleh karenanya, diimbau kepada pedagang untuk beritikad baik menyelesaikan kewajibannya. Sebab, sanksi gembok bersama tim gabungan yang melibatkan aparat hukum mau tidak mau akan diberlakukan.

“Tahun sebelumnya mereka yang tidak kooperatif kita sanksi disegel (gembok) rolling door tokonya oleh tim gabungan,” katanya.

Lantas mengenai upaya pencapaian target income daerah ini, lanjut Herdiansyah pihaknya akan segera turun ke lapangan.

“Segera kita turun ke lapangan sekaligus mensosialisasikan kepada pedagang setor sewa melalui bank. Namun, jika tidak persuasif tindakan tegas akan kita lakukan (gembok),” pungkasnya. (rendi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here