Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Setiap Kelurahan Akan Miliki Bank Sampah

Setiap Kelurahan Akan Miliki Bank Sampah

Tanggal : Pukul :
110
0
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda

Palembang, Detik Sumsel – Guna meminimalisir tumpukan sampah yang semakin meningkat, Pemerintah kota (Pemkot) Palembang rencanakan lakukan pengembangan pengelolaan Bank sampah di TPS setiap Kelurahan guna mengurangi beban jumlah sampah di TPA Sukawinatan dan Karya Jaya.

Hal tersebut dijelaskan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda usai kegiatan rapat di ruang II Setda Pemkot Palembang.

Menurut Wawako dua priode tersebut, bahwa apa yang akan dilakukan Pemkot diharapkan dapat mengurangi beban jumlah sampah TPA yang diperkirakan telah mencapai 1400 Ton per hari. “Hampir setiap hari sebanyak 1400 ton segala jenis sampah dihasilkan warga kita, ditambah lagi usai Idul Fitri sampahnya luar biasa banyak,” ungkap Fitri, Rabu (12/06).

Baca Juga :   AjakĀ  Gerakan Pramuka Tidak Menggunakan Produk Yang Bahayakan lingkungan

Fitri juga menjelaskan, dalam hal ini sampah yang ada di setiap kelurahan akan dapat langsung dikelola melalui Bank Sampah dan dicacah menjadi biji plastik sehingga bisa untuk dijadikan minyak premium solar.

“Ya tentu saja ini harus kita lakukan percepatan sehingga masyarakat nanti bisa membuang sampah di tempatnya. Memang sudah kita siapkan dan kalau sudah sampai di sana langsung dikelola bisa langsung dicacah menjadi biji plastik bisa dijadikan minyak premium solar maupun minyak, ” tuturnya.

Baca Juga :   Kostum Daerah Akan Hiasi Upacara Hut Kopri ke 47 di BKB

Dirinya juga memaparkan, bahwa melalui metode tersebut telah dirasakan cukup tepat sehingga masyarakat mampu dalam melakukan pengelolaan sampah secara baik. “Insya Allah ini berguna menghindari pencemaran udara, secepatnya proses ini akan kita jalankan mengenai mekanismenya sedang kita persiapkan bahkan ada tahapan-tahapan,” ucapnya.

“Masyarakat tidak perlu heran jika sampah tersebut langsung dikelolah dan sampah tidak perlu menumpuk, bisa langsung diproses melalui pemilahan dan pencacahan,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here