Iklan Iklan
Pemprov
Warga Dan Pihak Disdikbud Saar Menyurvei temuan Megalit Batu Berelief Situs.

Sempat Diangkap Goresan Biasa, Teryata Warga Temukan Situs Megalit

Pagaralam, Detik Sumsel – Warga Lubuk Buntak,  Kecamatan Dempo Selatan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam mendadak heboh, pasalnya diduga Megalit Batu Berelief Situs Batu Gong kembali di temukan di wilayah Pagaralam tepatnya di dinding Air Terjun Sungai Kukuy, bahkan temuan ini merupakan batu berelief terpanjang di Sumatera Selatan (Sumsel), dengan ukuran 8,5 x 1,5 meter.

Adalah Ibnu yang pertama kali menemukan megalit tersebut,  ketika ia hendak menjaring dan memancing ikan di Sungai Kukuy. Tak sengaja melihat batu yang banyak lukisan, Namun setelah dilakukan survei oleh tim dari Disdikbud, diketahui bahwa goresan pada batu tersebut memiliki arti dan makna tersendiri atau tradisi dari megalith.

Baca Juga :   Dana Desa di Lahat Belum Tersalur Tepat Sasaran

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Pagaralam Ali Akbar mengatakan,  batu berelief tersebut merupakan yang terpanjang di Sumatera Selatan

“Jika dibandingkan dengan batu berelief yang ada di Desa Tegur Wangi dan Batu Gores di Empat Lawang, maka ini merupakan yang terpanjang di Sumsel,”ungkapnya, saat dihubungi, Sabtu (22/09).

Dari survei yang kita lakukan batu tersebut selain terdapat gambar burung hantu juga terdapat gambar dua arca yang sedang bersalaman, yang mengartikan bahwa dua orang yang bersalaman tersebut merupakam sifat manusia yang saling membutuhkan atau bergotong royong dalam berburu makanan.

Baca Juga :   Pengamanan Natal, Satlantas Petakan Wilayah Rawan Longsor di Lahat

Sedangkan burung hantu merupakan hewan mitos yang diagungkan dalam masyarakat dahulu yang dianggap sebagai penjaga, penunjuk arah,  dan penolak bala.

“Temuan arca tersebut membuka idenditas Budaya Megalitik Besemah khususnya Kota Pagaralam yang wajib dipelihara dan dilestarikan. Masyarakat terdahulu telah mengajarkan kepada generasi saat ini bahwasanya untuk hidup dan bekerja sama dalam membangun Pagaralam,”pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jatanras Polda Sumsel Ringkus Komplotan Pencuri Buah Sawit Milik PT Andira Agro

Palembang, Detik Sumsel — Anggota Unit 1 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel meringkus delapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *