Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Semester Pertama 60 Anak di OKU Terserang TB

Semester Pertama 60 Anak di OKU Terserang TB

Tanggal : Pukul :
337
0
Ilustrasi

Baturaja, Detik Sumsel – Hingga Juni 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu mencatat sekitar 60 anak terserang Penyakit Tuberkulosis (TB) dan saat ini tengah menjalani masa pengobatan berjalan di RS Ibnu Soetowo Baturaja. Hal ini diungkapkan Kabid P2P Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto SKM didampingi Kasi P2PM Amrina Yulita SKM, Kamis (25/10).

Dikatakan Amrina, penyakit TB  rentan menyerang manusia, tidak hanya orang dewasa juga anak-anak maupun balita. Serangan TB ini diakibatkan oleh kuman TB yang menyerang tubuh manusia.

Menurut Amrina, angka serangan TB anak ini tergolong tinggi, meski pihaknya belum dapat merincikan secara pasti darimana saja asal tempat tinggal 60 anak-anak penderita TB anak yang berobat di RS Ibnu Soetowo Baturaja ini.

“Kalau dibilang tinggi termasuk tinggi. Tapi kita tahu yang berobat di RS Ibnu Soetowo tidak hanya berasal dari kabupaten OKU saja. Tapi juga dari daerah atau kabupaten lain seperti OKUT dan OKUS,” katanya.

Dikatakannya, meski tergolong tinggi, serangan TB anak yang tercatat saat ini, dapat diobati atau ditangani secara medik melalui pengobatan rutin selama 6-8 bulan.

Melalui pemeriksaan secara intensif di poli anak dan meminum obat selama 6 bulan. Sejauh ini TB anak dapat disembuhkan. Pihaknya belum menemukan kasus anak penderita TB anak yang dinyatakan meninggal dunia.

Serangan TB anak pun dapat dibedakan dalam dua kategori yakni serangan TB kelenjar dan TB paru. “TB merupakan penyakit menular dan dampak menyebabkan kematian jika tidak diobati. Sejauh ini Alhamdulillah kita tidak menemukan adanya penderita TB anak di OKU yang sampai meninggal,” ungkapnya.

Guna menghindari serangan TB anak, pihaknya secara rutin mensosialisasikan gerakan pencegahan TB melalui PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat yang diajarkan baik dari orang tua maupun anak.

Selain PHBS serangan TB anak dapat dicegah dengan mendeteksi awal adanya serangan penderita TB dewasa yang rentan menularkan kepada anak. Selain itu ketersediaan logistik dan obat yang dapat mencegah serangan TB.

“Saat pendeteksian awal serangan TB kita terapkan melalui TCM (tes cepat molekur). Selain itu ada obat pencegahannya Prophylaxis yang tersedia di Dinkes OKU,” tutupnya. (fei).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here