Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah Selama Lebaran, Volume Sampah Meningkat Hingga 50 Ton Perhari

Selama Lebaran, Volume Sampah Meningkat Hingga 50 Ton Perhari

Tanggal : Pukul :
231
0
Petugas kebersihan DLH Lahat sedang mengangkut sampah dari TPS. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Dinas Lingkungan Hidup Lahat mencatat, volume sampah hingga H+4 lebaran idul fitri 2019, meningkat hingga 15 persen dari sebelum ramadhan. Mulai dari sampah rumah tangga, sampah pasar, hingga sampah dari sejumlah tempat rekreasi selama libur lebaran.

Kepala DLH Lahat, melalui Kabid LB3, Budi Utama SIp membeberkan, jika hari biasa sebelum ramadhan volume sampah di Kecamatan Kota Lahat, Lahat Selatan, dan Gumay Talang, sebanyak 135 ton perhari. Saat ramadhan jumlahnya meningkat hingga 20 ton per hari.

“Puncaknya mulai dari H-4 hingga H+4, volume sampah meningkat sampai 30 ton perhari. Itu jika dihitung dari saat ramadhan,” beber Budi, Senin (10/6).

Lanjut Budi, volume peningkatan sampah ini ditandai dengan frekuensi angkut truk sampah. Jika dihari biasa pihaknya menyiapkan 19 truk sampah, ketika ramadhan pihaknya menambah empat truk sampah dengan dua rit pengangkutan perhari. Sedangkan untuk di H-4 hingga H+4, pihaknya menyiapkan lima armada spesial untuk sterilisasi.

“Pengangkutan terbanyak mulai dari TPS Talang Jawa Selatan, Lembayung, dan Pasar Lama. Sedangkan untuk TPS Muhammadiyah, 3 kali pengangkutan perhari, karena itu aktifitas pasar,” ujarnya.

Disinggung soal riak masyarakat banyaknya sampah bertumpuk di TPS Muhammadiyah beberapa waktu lalu. Pihaknya sudah bekerja secara maksimal dalam mengurangi volume sampah dilokasi tersebut. Hanya saja, mengingat TPS tersebut di area pasar, wajar jika volume sampah terus menumpuk.

“Petugas kita jelang lebaran bekerja hingga subuh, bahkan saat lebaran baik sopir, kernek, maupun tukang sapu, tetap ada yang bekerja. Kita pastikan besok kondisinya sudah kembali normal,” sampai Budi didampingi┬áKasi Peningkatan Kapasitas DLH Lahat, Khairul. (heru).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here