Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Sejumlah Camat di Lahat Sia – siakan Program Listrik Tenaga Surya

Sejumlah Camat di Lahat Sia – siakan Program Listrik Tenaga Surya

Tanggal : Pukul :
280
0
Sejumlah camat ketika berbincang dengan Bupati Lahat, Marwan Mansyur. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Program penyaluran lampu tenaga surya hemat energi, untuk penerangan rumah bagi masyarakat diwilayah yang belum dimasuki listrik. Nampaknya disia-siakan oleh sejumlah camat di Kabupaten Lahat. Dari 24 kecamatan yang ada, hanya 13 kecamatan yang diusulkan. Sayangnya masih ada kecamatan yang tidak memanfaatkan kesempatan ini.

Dari kuota sebanyak 6000 lampu yang disiapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani. Hanya 2.638 lampu yang bakal diusulkan. Padahal jumlah sebenarnya lebih dari itu. Hal ini dikarenakan keterlambatan sejumlah camat menyerahkan berkas ke Pemkab Lahat.

“Masih banyak kekurangan berkas, kita baru menerima satu rangkap berkas, padahal diminta 3 rangkap. Selain itu ada juga yang belum menyerahkan berkas,” ujar Kabag Umum Setda Lahat, Saifullah Afrianto,” Kamis (25/10).

Menanggapi hal itu, Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM mengatakan, hal ini jelas merugikan masyarakat. Padahal melalui program ini masyarakat memiliki kesempatan lepas dari kegelapan malam. Untuk itu Marwan mengingatkan, camat harus aktif turun ke tengah masyarakat. Guna menampung semua keluhan masyarakat.

“Ini kan peluang bagus untuk membantu masyarakat, sayang sudah disia-siakan. Jadikan ini sebagai pelajaran,”ucap Marwan. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here