Pemerintah Kabupaten Banyuasin Siap Menyukseskan Asian Games Tahun 2018

Segera Buat Laporan Keterlibatan ASN Mendukung Salah Satu Caleg

0
434
Sofian bersama Arya Aditya mendatangi Sekretariat Bawaslu Kota Palembang

Palembang, DetikSumsel – Sofian Tou Obara bersama kuasa hukumnya Arya Aditya, mendatangi sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang.

Kedatangan mereka, mempertanyakan terkait laporan yang mereka sampaikan kepada Bawaslu, beberapa waktu yang lalu.

“Kami ingin mempertanyakan, bagaimana perkembangan laporan yang telah kami sampaikan,”jelas Sofian di dampingi kuasa hukumnya, Kamis (8/11).

Nantinya juga lanjutnya, dirinya akan kembali membuat pengaduan, terkait adanya dugaan keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada salah satu calon anggota legislatif (caleg).

“Kami menduga ada beberapa caleg yang memiliki hubungan keluarga dengan ASN dan berpotensi untuk mengerahkan ASN untui mendukung caleg tersebut,”jelasnya.

Berdasarkan aturan yang ada, tambah Arya bahwa, ASN dilarang mendeklarasikan diri, dilarang memasang sepanduk caleg, menghadiri deklarasi ataupun memberikan like di media sosial maupun berfoto bersama caleg.

“Secepatnya kami akan buat laporan pengaduan ke Bawaslu,”jelasnya.

Sementara, Komisioner Bawaslu Kota Palembang divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Dadang Apriyanto menjelaskan bahwa, laporan yang telah mereka sampaikan, saat ini dalam proses kajian.

“Kemungkinan dalam waktu dekat akan keluar hasil kajian laporan tersebut. Kemarin mereka melaporkan terkait adanya dugaan salah satu caleg yang melanggar kampanye di luar jadwal,”jelas Dadang.

Terkai ASN Dadang juga mengatakan bahwa, sesuai peraturan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ASN di larang terlibat aktif dalam kegiatan politik praktis.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Walikota yang telah mengeluarkan edaran terkait netralitas,”ucapnya.

Bila terbukti dikatakannya, adanya ASN yang terlibat dalam mendukung salah satu caleg, sebagai pengawas pemilu tidak akan segan – segan menindaknya.

“Sanksi bukan hanya kepada ASN, tetapi calegnya juga akan diberi sanksi bila terbukti benar,”pungkasnya.(Pen).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here