Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik Satu Pemilih Butuh Waktu 11 Menit Dalam Proses Pencoblosan

Satu Pemilih Butuh Waktu 11 Menit Dalam Proses Pencoblosan

Tanggal : Pukul :
257
0
Simulasi Pencoblosan dan Pemungutan Suara KPU Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Guna mensukeskan Pemilu tanggal 17 April mendatang, persiapan dan pematangan mulai dari sebelum pelaksanaan, pendistribusian, hari pencoblosan hingga sesudah hari pencoblosan terus di lakukan guna kesuksesan pesta demokrasi.

Seperti halnya kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara yang sengaja digelar KPU Palembang di halaman Kantor Camat Ilir Timur I, Senin (08/04).

“Simulasi ini sengaja kita adakan dan diikuti PPK, PPS, perwakilan KPPS dan masyarakat guna menginformasikan bagaiamana teknis pendaftaran pemilihan sampai rekapitulasi suara ditingkat TPS,” ungkap Ketua KPU Palembang Eftiyani.

Masih dikatakan Eftiyani, dalam Simulasi tersebut, semua kelengkapan yang berfungsi dalam pemungutan suara dihadirkan, baik itu DPT, surat suara, hingga C1. “Mulai hari ini logistik juga akan mulai kita didistribusikan ke Kecamatan, yakni surat suara DPR RI dan DPD RI,” ujarnya.

Baca Juga :   Resmi.. MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandi

“Untuk surat suara DPR RI didistribusikan dari Jakabaring sementara surat suara DPD RI dari kantor KPU kota Palembang menuju Kecamatan Seberang Ulu I dan Jakabaring, sekitar pukul 2 atau 3 siang,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan Alex Barzili SSi mengatakan, bahwa pemahaman para PPK dan PPS sudah dapat dikatakan sesuai harapan terkait teknis pencoblosan serta pemungutan suara. Pasalnya, para PPK dan PPS diangap telah memiliki pengalaman.

Baca Juga :   Pengawas TPS Dibekali Pengetahuan Suara Sah dan Tidak Sah

“Kelalaian petugas kita pastikan minim karena rata-rata sudah paham. Tinggal bagaimana penerapannya di TPS, hanya saja yang kami khawatirkan yaitu ketidakcukupan waktu. Waktu pencoblosan mulai pukul 07:00 hingga 13:00 itu selesai, jadi satu orang diberikan jatah 11 menit berada di dalam TPS atau bilik suara,” ungkapnya.

Untuk proses penghitungan suara, Alex mengatakan bahwa proses penghitungan suara dapat diperpanjang setelah hari pemungutan dan perhitungan suara. “Jadi jika dimulai pukul 13:00 boleh berhenti dan dilanjutkan besok. dan tanggal 18 April penghitungan suara masih bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here