Iklan

Detik
Pemprov
Petugas Damkar dan BPBD Lahat tengah mendinginkan lahan terbakar. Foto Heru/DS

Satu Pekan Sudah Delapan Kali Kebakaran Hutan 

Lahat, Detik Sumsel — Terhitung sejak awal bulan Agustus 2019, cuaca di Kabupaten Lahat terasa kian terik. Sejumlah masyarakat Lahat saat ini bukan hanya kembali merasakan kekurangan air, melainkan kembali waspada terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahat, Marjono SE mengatakan, dalam satu pekan ini sudah ada delapan kejadian kebakaran hutan. Terbaru terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, di Kelurahan Pagar Agung, Kota Lahat. Sedangkan malam sebelumnya juga terjadi kebakaran lahan di Blok C Ujung, Desa Manggul, Lahat.

Baca Juga :   Herman Deru Komitmen Dorong Pembinaan Usaha Kecil di Sumsel 

“Baru diawal agustus terjadi karhutla. Diantaranya di Desa Keban Jaya, Kecamatan Kikim Selatan, Desa Jati Kecamatan Pulau Pinang, Tebing Panjang Desa Tanjung Menang, Kecamatan Tanjung Tebat, Endikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang (Arah Gumay Ulu),” terang Marjono, Rabu (7/8).

Marjono mengatakan, pihaknya kesulitan jika ditanya penyebab terjadinya kebakaran. Selain sengaja dibakar untuk membuka lahan, pengendara/masyarakat yang asal membuang puntung rokok juga bisa menyebabkan kebakaran. Mengingat sudah berapa bulan terakhir Lahat dalam kondisi kemarau, banyak ilalang maupun daun kering yang mudah terbakar.

Baca Juga :   Pengusaha Batubara Menjerit

“Ada juga pemicunya karena terik matahari yang kelewat panas, tapi itu jarang terjadi. Petugas kita selalau stanbay untuk membantu suplai air pemadam kebakaran,” katanya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Maksimalkan Layanan Kesehatan RSUD, Bupati OKI Resmikan Unit Hemodialisis

Kayuagung, Detik Sumsel-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *