Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Sah, JSC Milik Wong Kito

Sah, JSC Milik Wong Kito

Tanggal : Pukul :
1022
0
Tampak sejumlah warga memanfaatkan halaman di salah satu venue JSC untuk senam. (Foto: Dok. Detik Sumsel)

Lipsus, Detik Sumsel- Pertengahan Agustus lalu, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR secara resmi menyerahkan sejumlah barang milik negara (BMN) kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan 16 kabupaten kota di Provinsi Sumsel. Salah satu BMN yang diserahkan, yakni Jakabaring Sport Center (JSC) di Kota Palembang di wilayah Jakabaring Kota Palembang.

Dengan penyerahan ini, artinya lokasi yang selalu menjadi pusat even olahraga nasional hingga internasional itu, sudah sepenuhnya dikelola oleh Pemprov Sumsel.

Menilik sejarahnya, JSC dibangun di atas lahan 325 hektar di wilayah Seberang Ulu sejauh 5 kilometer dari pusat kota. Kompleks ini telah digunakan sejak penyelenggaraan PON XVI pada tahun 2004 silam dan terakhir menjadi lokasi pelaksanaan Asian Games pada tahun 2018 lalu. Di dalam kompleks ini terdapat Stadion Gelora Sriwijaya, stadion berkapasitas 40 ribu orang.

Saat terpilih menjadi tuan rumah PON XVI tahun 2004 silam, Pemerintah Kota Palembang membutuhkan stadion sebagai tempat pelaksanaan acara olahraga nusantara tersebut. Saat itu, Pemkot Palembang memilih kawasan Jakabaring yang masih menjadi salah satu daerah tertinggal di kota ini. Dulunya kawasan Jakabaring merupakan daerah  yang sepi dan ditakuti dengan sebagian besar wilayahnya masih berupa rawa.

Baca Juga :   13 Tim Bersaing Rebut Jatah LIMA Region Sumatera

Kawasan yang sempat dikenal dari sisi negatifnya ini lantas mulai dibenahi oleh Pemkot Palembang dengan mengubahnya menjadi kompleks olahraga baru yang modern dan bertaraf internasional. Pembangunan stadion impian dengan kapasitas hingga 40 ribu kursi itu dimulai pada 2001. Tak hanya lapangan sepak bola, kawasan tersebut kini telah memiliki fasilitas dari sejumlah cabang olahraga lainnya.

Dengan diserahkannya aset negara tersebut pada Pemprov Sumsel, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, H Nasrun Umar menyatakan terima kasih pada pemerintah pusat.

Selama ini, Kementerian PUPR telah mendukung pembangunan infrastruktur yang sangat megah di Sumsel sehingga dapat dimanfaatkan dalam berbagai even olahraga. Tanpa JSC, Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang belum tentu mampu menjadi tuan rumah semua kegiatan olahraga tingkat internasional pada beberapa kesempatan.

Ia menyebutkan sejumlah even yang telah dilaksanakan di JSC, diantaranya Sea Games 2011, Islamic Solidariti Games 2013, Asean University Games 2014, hingga yang terakhir bersama DKI Jakarta sukses menggelar Asian Games tahun 2018 lalu.

Baca Juga :   Target H-5 Lebaran Sebagian Jalan Rusak Berat di Sumsel Tuntas

Pemprov Sumsel kali ini mendapatkan hibah barang milik negara  yang terletak di kawasan JSC berupa aset tetap lainnya dalam bentuk renovasi, saluran drainase, dan alat pembersih dengan total nilai hibah sebesar Rp. 258,767 Miliar.

“Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Kementerian PUPR yang telah menghibahkan asetnya. Dan kami  tetap berharap bantuan dalam bentuk lainnya sehingga bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Sumsel sesuai dengan visi dan misi gubernur kami, yaitu Maju Untuk Semua,” katanya.

Selain JSC, fasilitas lain yang dihibahkan Kementerian PUPR meliputi bangunan Mandi Cuci Kakus (MCK), saluran drainase, tempat pembuangan akhir sampah, jaringan distribusi air minum, taman permanen (ruang terbuka hijau), sarana olahraga berupa Venue Dayung dan Shooting Ring di Jakabaring, jalan lingkungan, dan infrastruktur keciptakaryaan lainnya.(tim)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here