Gran Fondo
Ilustrasi

Rupanya Air Rebusan Pembalut Bisa Buat Ngefly

Detik Sumsel- Baru-baru ini tersebar kabar remaja kecanduan air rebusan pembalut di Jawa Tengah. Remaja yang semuanya berjenis kelamin laki-laki ini disebut merasa ‘high’ atau istilah lainnya ‘ngefly’ usai meminum rebusan pembalut tersebut.

Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN), dr Hari Nugroho menjelaskan bahwa fenomena ini sebenarnya memang sudah lama. Beberapa tahun silam, semisal di tahun 2016, juga sudah marak kabar mengenai remaja yang mabuk dengan rebusan pembalut atau popok.

“Jadi memang di pembalut suka ada zat-zat kimia tertentu, dari chlorine sampai turunan alkohol. Tergantung merek tentu saja,” jelas dr Hari.

Baca Juga :   Sahabat AY Sampaikan Pengunduran Ahmad Yani Sebagai Bupati

Menurut dr Hari, chlorine (klorin), alkohol, dan chloroform (kloroform) adalah kemungkinan yang membuat remaja-remaja tersebut high. Namun tak menampik kemungkinan, bisa saja rebusan tersebut juga ditambahkan dengan zat lain untuk menciptakan efek yang sedemikian rupa.

“Setahu saya belum pernah ada yang ngetes air rebusan pembalut dan pampers yang dipakai buat tujuan rekreasional tersebut. Ini yang barangkali perlu menjadi perhatian pihak-pihak terkait. Karena pembalut dan pampers yang saya tahu ada persyaratan harus bebas zat kimia tertentu,” tandasnya.(net)

Baca Juga :   16 Tim Sepak Bola Bakal Bersaing Rebut Piala Gubernur
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Deby

Avatar

Check Also

Investasi Melebihi Target, OKI Diganjar Reward

Kayuagung, Detik Sumsel — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *