Iklan Iklan
Pemprov
Istimewa

Rumkit Bhayangkara Palembang Hadirkan Alat Deteksi Dini Covid 19

Palembang, Detik Sumsel — Rumah Sakit Bhayangkara Mohamad Hasan Palembang memiliki peralatan deteksi cepat Covid-19 bernama Genose. Selain Gonose, RS Bhayangkara juga memiliki peralatan kesehatan lainnya uteroscopic, lithotripsy, laparoskopi, unit transfusi darah dan terapi plasma konvalesen

Hadirnya alat ini di RS M Hasan Bhayangkara Palembang ditandai dengan launching oleh  Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri S MM, Jumat (19/3/21). Adanya alat ini sendiri pertama kali ada RS di Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri S MM mengatakan hadirnya peralatan canggih ini diharapkan memberikan kemudahan bagi para medis dalam mendeteksi lebih cepat mengenai Covid-19 ini.

Selain alat deteksi covid 19 turut dihadirkan alat lainnya yakni Ureteroscopic Listhotripsy, Laparoskopi, unit transfusi darah dan terapi plasma konvalesen. “Dengan berbagai alat yang dihadirkan ini, kita mengapresiasi apa yang dilakukan Kabid Dokes dan Karumkit dalam peningkatan fasilitas,” katanya.

Baca Juga :   Bawaslu Lahat Temukan 11 Pelanggaran Pemasangan APK

Empat macam alat kesehatan tersebut yakni Ureyeroscopic Listhotripsy, Laparoskopi, Genise, Unit transfusi darah dan terapi plasma konvalesen.

Launching beberapa alat kesehatan ini diharapkan akan memermudah memberikan pelayanan kepada pasien.

Namun, lanjutnya, hal ini juga harus diikuti dengan pelayanan yang diberikan, khusunya SDM-nya. Ia menjelaskan untuk cara kerja alat Genose ini sangat mudah. Dimana orang itu cukup meniupkan nafasnya ke dalam sebuah kantong plastik, kemudian kantong itu akan dimasukan ke dalam alat Genose.

Sehingga dengan sendirinya, kantong plastik yang berisikan nafas tadi langsung kempes. Dengan waktu bersamaan, hasil akan diketahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Baca Juga :   Target Nihil Tunggakan, Ini Yang Dilakukan PLN Baturaja

Sementara Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, AKBP Dr Wahono Edhi Prastowo Sp PD FINASIM mengatakan, keberadaan Genose di RS Bhayangkara M Hasan baru kali yang pertama di Sumsel, dan belum ada di rumah sakit lain.

Dalam penggunaan Genose, juga dibutuhkan tempat yang bersih dan tidak banyak bau-bau yang menyengat. “Jadi selain harga pengecekan murah, juga hasilnya cepat. Alat ini di Sumsel hanya ada di tempat kita saja,” tutupnya. (Ojj)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jatanras Polda Sumsel Ringkus Komplotan Pencuri Buah Sawit Milik PT Andira Agro

Palembang, Detik Sumsel — Anggota Unit 1 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel meringkus delapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *