Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik Rekomendasi Bawaslu Tidak Dijalankan, Polemik Perolehan Suara Antar Caleg NasDem Terjadi

Rekomendasi Bawaslu Tidak Dijalankan, Polemik Perolehan Suara Antar Caleg NasDem Terjadi

Tanggal : Pukul :
462
0
Saksi partai NasDem, menunjukkan form DC2

Palembang, DetikSumsel –¬† Saksi Partai NasDem akan menempuh jalur hukum, terkait persoalan KPU Kabupaten Muratara dan KPU Provinsi Sumsel yang tidak taat aturan dalam menjalankan rekomendasi Bawaslu. Hal tersebut diungkapkan Saksi Partai NasDem, Grees Selly kepada awak media, Minggu malam (12/5).

Rekomendasi Bawaslu ungkapnya, dengan jelas telah memerintahkan KPU Musirawas Utara melalui KPU Sumsel untuk melakukan pencocokan sertifikat rekapitulasi pemilihan DPR RI tingkat kecamatan di Kecamatan Karang Jaya, Rawas Ulu, Rupit, Karang Dapo, dan Ulu Rawas dengan C1 salinan dan atau sertifikat dan atau untuk partai NasDem, beserta caleg.
“Kami menduga, secara sadar dan sengaja KPU Muratara dan KPU Provinsi membiarkan penambahan perolehan hasil suara caleg DPR RI nomor 8 partai NasDem di Kecamatan Karang Jaya, Rawas Ulu, Rupit, Karang Dapo, dan Ulu Rawas yang nyata – nyata berubah dari C1 ke DA.1,”ungkapnya.

Dari form DA.1 KWK KPU di Kecamatan Karang Jaya, yang sebelum diubah jelasnya, perolehan suara caleg no 8 partai NasDem berjumlah 3762, diubah menjadi 6359.

“KPU Muratara dan KPU Sumsel, tetap mempertahankan perubahan yang¬† sangat signifikan tersebut, tanpa menjalankan apa yang direkomendasikan oleh Bawaslu Sumsel,”terangnya.

Dalam rapat pleno terbuka jelasnya, KPU secara tegas dan jelas tidak akan menjalankan rekomendasi Bawaslu.

“Dengan ini kami tegaskan, akan menembuh jalur hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku melalui Mahkamah Partai dan Mahkamah Konstitusi,”tegasnya.
Terpisah Caleg DPRI Partai NasDem Nomor 8 Fauzi H. Amro menerangkan, rekomendasi Bawaslu ada dua KPU Musi Rawas, dan Muratara, dan biarkan KPU menentukan keputusannya.

“Jika tidak puas silakan ke Mahkamah Partai dan ke Mahkamah Konstitusi, Kita tinggal adu data saja,”tandasnya.(Pen)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here