Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik Rekomendasi Bawaslu Terancam Tidak Diindahkan KPU, Saksi Parpol Mempertanyakan

Rekomendasi Bawaslu Terancam Tidak Diindahkan KPU, Saksi Parpol Mempertanyakan

Tanggal : Pukul :
387
0
Rapat Pleno Terbuka KPU Sumsel

Palembang, DetikSumsel – Terjadi perdebatan dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan umum 2019.

Para saksi baik dari calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Partai Politik tidak henti – hentinya melakukan instrupsi kepada pimpinan sidang, dalam rapat pleno KPU Sumsel, Minggu (12/5).

“Kami minta KPU Sumsel menjalankan rekomendasi Bawaslu, terkait pengecekan data C1 dengan DA1,”terang Nopran Marjani saksi dari partai Gerindra saat menginstrupsi pimpinan sidang yang akan mengetok Palu.

Sesuai dengan UU  Pemilu tegasnya, KPU wajib menjalankan rekomendasi KPU, dan jelas ungkapnya dalam persidangan tadi Bawaslu telah memberikan rekomendasi.

“Patut dipertanyakan ada dan kenapa KPU tidak mau menjalankan rekomendasi Bawaslu,”jelasnya.

Hal senada diutaran calon DPD Muhammad Aminuddin yang mempertanyakan KPU Sumsel bersikeras melakukan penyandingan DB dengan DB.

“Kami menduga ada jual beli suara di tingkat PPK, jadi sia – sia kami para calon DPD melakukan sosialisasi,”jelasnya.

Mendapat hujan instrupsi, KPU Sumsel melakukan skorsing, untuk mengambil sikap apakah melanjutkan penyandingan DB ke DB atau menjalankan tekomendasi Bawaslu.

“Kami anggota KPU memutuskan untuk melakukan penyandingan DB ke DB, kami terima segala konsekuensi terkait tidak menjalani rekomendasi Bawaslu. Bagi yang keberatan silakan isi DC2,”tegas Hepriyadi, selaku pimpinan sidang.

Walaupun ketokan palu telah dibunyikan, para saksi dari partai politik, tidak berhenti melakukan instrupsi

“Coba kalian pikir wahai KPU Sumsel, semua saksi dan Bawaslu telah sepakat menyandingkan C1 dan DA1,kenapa kalian tetap pada keingainan kalian. Ada apa sebenarnya,”terang Solihan Ismail saksi dari Gerindra.

Semangkin kencangnya permintaan saksi parpol yang menginkan supaya KPU menjalankan rekomendasi Bawaslu, Ketua KPU meminta waktu untuk melakukan telah terkait rekomendasi KPU.

“Sekali lagi, berikan kami waktu untuk menelaah, sampai pukul 8 malam,”jelas Kelly Mariana, Ketua KPU Sumsel.(Pen)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here