Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Palembang Redaksi Detik Sumsel Beri Pelatihan Jurnalistik

Redaksi Detik Sumsel Beri Pelatihan Jurnalistik

Tanggal : Pukul :
380
0
Mahasiswa UIN Raden Fattah Prodi Jurnalistik, mendengarkan teknis penulisan berita

Palembang, DetikSumsel – Melanjutkan kegiatan Praktik Profesi Lapangan (PPL) Mandiri program studi Jurnalistik hari kedua, Detik Sumsel Palembang isi materi terkait pengelolaan berita media online. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Fakultas Dakwah & Komunikasi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang ini diikuti oleh 31 peserta dari 41 peserta PPL Mandiri, Kamis, (11/7).

Firwanto M. Isa dalam materinya menjelaskan, ada beberapa unsur penunjang popularitas media online yang harus diperhatikan, diantaranya, faktual, berimbang dan hangat. Namun sebelum itu, wartawan harus mampu menulis berita dengan baik dan benar.

“Sebelum jauh berbicara terkait unsur berita¬† media online yang terdiri dari fakta, berimbang dan hangat. Wartawan haruslah bisa menulis berita atau tahu unsur berita pada umumnya. Sehingga nanti akan membantu kemahiran penulisan berita,” ujarnya.

Selanjutnya saat ditanya terkait dengan sistem periklanan di media online, Epen yang merupakan wartawan Detik Sumsel mengungkapkan bahwa untuk iklan sama saja dengan media lainnya. Yaitu, menarik iklan dari 2 kategori yaitu umum & pemerintahan.

“Untuk iklan sama saja, dan untuk iklan itu ada 2 kategori, yaitu umum dan pemerintahan. Iklan umum biasanya diisi oleh usaha swasta, sedangkan pemerintahan akan diisi oleh kegiatan atau kebutuhan pemerintahan,”jelasnya saat menjawab pertanyaan salah seorang peserta

Ia melanjutkan apa yang dimaksud dengan pres rilis. Dalam penjelasannya Epen menyampaikan, pres rilis adalah acuan informasi dari berita. Dimana rilis bisa menjadi awal penentuan angle berita.

“Rilis biasanya dibuat oleh humas, dimana yang menjadi pembeda antara rilis dengan berita olahan wartawan terletak pada sumber yang tercantum. Rilis yang menjadi sumber berita akan ditulis “rill” dipojok bawah berita,”tuturnya.(Mita Rosnita/Mahasiswa UIN)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here