Iklan
Pemprov
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Astin Tri Saputra, foto istimewa.

Ratusan Babi Hutan di Lahat Tewas Terserang Demam

Lahat, Detik Sumsel – Masyarakat di Kikim Area Kabupaten Lahat baru-baru ini digegerkan dengan isu penemuan babi hutan yang mati mendadak. Kamatian masal babi hutan ini berada di area perkebunan sawit di Trans Kecamatan Merapi Timur, Kikim Timur, Kikim Tengah dan Kecamatan Kikim Barat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Astin Tri Saputra membenarkan isu tersebut, menurutnya kematian babi hutan itu karena diserang demam babi atau ASF (African Swine Fever).

Baca Juga :   Kapolri Tito Karnavian Apresiasi Prabowo

“Ya, itu positif demam babi, sudah banyak terjadi di tempat kita (Kabupaten Lahat),”kata Astin saat dikonfirmasi, Kamis (27/5).

Astin menjelaskan, ASF terhadap babi hutan terjadi diakibatkan oleh virus. Namun, tidak menular terhadap manusia maupun hewan ternak, hewan satwa, melainkan hanya menular ke hewan jenis babi, dengan gejala panas, demam setelah itu mati mendadak.

“Kejadian ini sebelumnya sudah ada di daerah Medan beberapa tahun sebelumnya, sekarang udah masuk ke tempat kita. Tapi tidak menular ke manusia, hewan ternak maupun satwa liar, jadi hanya khusus babi saja,”sampainya.(heru)

Baca Juga :   PJS Bupati OKU Berikan Bantuan Untuk Darpa’i
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati PALI Ditunda, Hingga Waktu Belum Ditentukan

PALI, Detik Sumsel- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati PALI terpilih H. Heri Amalindo dan H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *