Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Ramai-ramai Nikah Bulan Syawal

Ramai-ramai Nikah Bulan Syawal

Tanggal : Pukul :
389
0
Tampak salah satu Catin di Kota Palembang melaksanakan pernikahan dibulan Syawal di kantor KUA. (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

Lipsus, Detik Sumsel- Memasuki bulan Syawal, ada anjuran bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk melangsungkan pernikahan. Konon, Syawal adalah ‘bulan baik’ bagi siapa saja pasangan yang ingin menikah.

Alhasil, anjuran tersebut mencatatkan sebanyak 683 pasangan yang masuk daftar calon pengantin (catin) di Kota Palembang dan akan melangsungkan pernikahan di bulan Syawal ini.

Kepala Kementerian Agama Kota Palembang H Deni Priansyah SAg MPdI mengatakan, terdata saat ini sudah ada sekitar 683 pasangan dari beberapa Kecamatan di kota Palembang yang sudah mendaftar untuk melangsungkan pernikahan.

“Adapun rincian tersebut yakni dari KUA Sukarami 135, KUA Plaju 81, KUA Kalidoni 97, KUA Ilir Timur I 54, Ilir Timur II 98, KUA Kertapati ada 35, KUA Sematang Borang 54, Seberang Ulu II 76, dan KUA Kemuning ada sebanyak 53 pasangan, saat ini baru ini yang kita data, karena belum semuanya yang terdata, tapi yang jelas kalau masuk bulan Syawal pasti banyak yang akan melangsungkan pernikahan,” jelasnya.

Baca Juga :   Herman Deru Minta Presiden Jokowi Lanjutkan Proyek Strategis Nasional di Sumsel
Kepala Kementerian Agama Kota Palembang, H Deni Priansyah SAg MPdI

Deni menambahkan, data tersebut tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. “Untuk data tidak berbeda jauh dari tahun belakang, usai lebaran tahun belakang yakni bulan Juli 2018 ada sekitar 1.344 pasangan,” bebernya.

Deni menambahkan, ada beberapa persyaratan yang harus diisi oleh para catin antara lain, Surat Pengantar Perkawinan (N 1), Surat Permohonan Kehendak Perkawinan (N 2), Persetujuan Calon Mempelai (N 3).

Baca Juga :   Perketat Pengawasan Mulai dari TPS

Kemudian, Surat Keterangan Tentang Orang Tua (N 4), Surat Izin Orang Tua (N 5), dari kelurahan, rekomendasi KUA bagi yang Kecamatan berbeda, fhoto ukuran 2 x 3 = 8 lembar masing2 suami isteri.

“Yang penting statusnya jelas, dan persyaratan lengkap Insya Allah bisa melaksanakan pernikahan,” jelasnya.

Untuk biaya lanjut dia, catin diminta untuk menyetorkan Rp600. “Dan jangan lupa melaporkan 10 hari sebelum menikah,” tandasnya.(Bra)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here