Iklan

Detik
Pemprov
Pengamen berkostum badut saat terpantau berada di simpang empat, Kejaksaan Negeri Lahat. Foto Heru/DS

Ramai Didatangi Pengamen Asal Luar, Dinsos Lahat Tidak Bisa Bertindak 

Lahat, Detik Sumsel — Pasca lebaran idul fitri lalu, penomena baru muncul di Kota Lahat. Sejumlah pengamen kini setiap hari mulai terlihat, berada di simpang 4 Kejaksaan Negeri Lahat, di kawasan Jl Kol Burlian, tidak jauh dari pusat perkantoran Pemkab Lahat.

Dari pantauan media ini, penomena munculnya pengamen ini diawali pada bulan ramadhan lalu. Pasalnya selama di bulan suci umat islam itu, pengemis dan pengamen dengan wajah baru mulai bermunculan. Hanya saja kurun waktu satu bulan terakhir, dua pasang pengamen seakan mulai memberikan wajah baru di Kota Lahat.

“Sebenarnya kasihan saja lihat ibu itu panas-panas sambil gendong anak. Tapi kalau dibiarkan, bisa saja nanti kondisinya mala makin bertambah,” ujar Riko (27), warga Kota Lahat, Kamis (11/7).

Baca Juga :   Usia 47 Tahun, Basarnas Siap Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Dari penelusuran media ini, keempat pengamen yang kerap terlihat berpakaian badut itu, diduga merupakan dua pasang suami istri. Tingginya rasa iba masyarakat Lahat, rupanya mengamen dijadikan kesempatan bagi dua pasangan ini sebagai profesi sehari-hari.

“Mereka ini terlihat saat jam ramai pengendara. Seperti pagi hari, siang hari, petang hari saat jam pulang pegawai, dan sesudah magrib. Kalau sekitar pukul 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB, mereka tidak pernah terlihat,” terang Riko.

Sayangnya, keresahan warga tersebut tidak terlalu digubris oleh Dinas Sosial Lahat. Bahkan Dinsos Lahat mengklaim tidak bisa berbuat apa-apa. Seperti harus melakukan peneguran ataupun pelarangan. Dengan alasan, keempat pengamen itu bukan warga Lahat.

Baca Juga :   Musrenbang RPJMD 2018-2023, Wujudkan Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera

“Belum pernah kita lakukan pendataan ataupun penertiban, karena kuat dugaan mereka itu bukan warga Lahat. Selain itu, paling satu atau dua minggu lagi mereka sudah tidak lagi ngamen disana,” ujar Kasi anak dan lanjut usia, Widarti SE, mewakili Kabid Rehabilitasi Dinas Sosial Lahat, Hj Tutik Kunarti SE MM. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Maksimalkan Layanan Kesehatan RSUD, Bupati OKI Resmikan Unit Hemodialisis

Kayuagung, Detik Sumsel-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *