Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Muaraenim Drs Ibrahim Ilyas Membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kabupaten Layak Anak.

Rakor Lintas Sektor Kabupaten Layak Anak Resmi Dibuka

Muara Enim, Detik Sumsel- Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Muaraenim Drs Ibrahim Ilyas Membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kabupaten Layak Anak Tahun 2018, bertempat di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muaraenim.

Wujud Keseriusan Pemerintah Kubupaten Muaraenim untuk mewujutkan Kabupaten Layak Anak (KLA), melalui rapat koordinasi penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak di Muaraenim.

Dalam sambutannya Asisten III mengatakan melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA), Kecamatan Layak Anak (KELANA) dan Desa / Kelurahan Layak Anak (DEKELA).

Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan.

Baca Juga :   Harapkan Partisipasi Pemilih di Muara Enim Lampaui Target

Dikatakannya, termasuk juga pemberian hak anak untuk hidup sejahtera, mewajiban terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak dilakukan secara holistis lntegratif dan berkelanjutan yang mengkaitkan antar program untuk mendukung tujuan pembangunan KLA dengan mengintegrasikan pengarusutamaan hak anak dengan mengedepankan prinsip-prinsip kebijakan non diskriminatif kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, penghargaan terhadap pandangan anak sehingga terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA).

Hal ini sesuai dengan UU RI No 22 Tahun 2002 yang telah mengalami perubahan dengan UU RI No 35 Tahun 2014. Implementasi UU tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No 11 tahun 2011 tentang kebijakan pengembangan kota Layak Anak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua Perangkat Daerah dan Organisasi Iainnya juga termasuk didalam Gugus Tugas KLA agar dapat memberikan prioritas kepada perkembangan dan perlindungan anak dalam kerangka kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak anak,” tuturnya.

Baca Juga :   Akses Jalan Antar Dua Desa Putus, Warga Terancam Terisolir

Membangun inisiatif semua pemangku kepentingan dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak anak dalam strategis pembangunan anak yang terintegrasi dan berkelanjutan. Kemudian, memperkuat komitmen bersama dalam rangka percepatan pengembangan Kabupaten atau Kota Layak Anak Kabupaten Muaraenim.

Turut Hadir Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Muaraenim, Ibu PKK serta Darma Wanita, Forum Anak, Forum Guru, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari Kabupaten Muaraenim dan narasumber berasal dari Kementrian PPPA Jakarta Pusat Budi Wibowo dan Taufik Uwaidha dari Konsultan Indora(Indonesia Ramah Anak) Semarang.(ndi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Andi Ardian

Avatar

Check Also

Binaan CSR PTBA, SIBA Rosella Tampil di Ajang Festival Rempah

Muara Enim, Detik Sumsel- Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella mewakili stand Kabupaten Muara Enim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *