Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Hari Guru
Tim identifikasi Satreskrim Polres Lahat olah TKP di pondok terbakar, foto istimewa.

PT Lonsum Tolak Kembalikan Lahan Warga

Lahat, Detik Sumsel — Terkait pondok buatan warga Desa Purwaraja di lahan II Eks transmigrasi yang diklaim milik PT Lonsum sebagai lahan HGU perusahaan, terbakar beberapa waktu lalu. Kapolres Lahat AKBP Ahmad Gusti Hartono SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Kurniawi H Barmawi SIK mengatakan, pihaknya sudah turun ke lapangan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Ya tim inafis Satreskrim Polres Lahat juga sudah melakukan olah TKP di pondok warga yang dibakar. Untuk pelaku masih dalam penyelidikan,” kata Kurniawi, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, sebelumnya hasil rapat fasilitasi mediasi sengketa lahan pada 14 Oktober 2020 lalu. Kesimpulannya, pihak ATR/BPN tidak akan menerbitkan HGU PT Lonsum sebelum clear dan clean permasalahan tersebut.

Baca Juga :   Tumbangkan PS Jhalta, PS OKI Juara Piala Soeratin

Kemudian pihak BPN menjelaskan dari 145, 99 ha, bahwa kurang lebih 110 ha merupakan bagian dari lahan usaha II warga Desa Purwaraja. Sedangkan dari lahan seluas kurang lebih 110 HA milik warga Desa, yang dimohon PT Lonsum untuk jadi HGU ada yang bersertifikat dan ada yang belum.

“Alhamdulillah kemarin (selasa, red) dari rapat di Palembang. Bahwa Kanwil BPN Sumsel menguatkan hasil rapat mediasi di Pemkab Lahat,” ungkap Sujoko Bagus, hukum warga Desa Purwaraja, Rabu (18/11).

Baca Juga :   Rhoma Irama Hibur Massa Kampanye Prabowo di BKB

Lanjutnya, sebelumnya warga memang berjaga di lahan yang di sengketakan. Lantaran dari hasil rapat, lahan tersebut di luar HGU PT Lonsum. Selain itu lahan tersebut juga merupakan lahan II Eks Transmigrasi Desa Purwaraja.

“Saat ini pihaknya berharap kerendahaan hati pihak perusahaan, untuk mengembalikan lahan tersebut kepada masyarakat. Apalagi bila HGU perusahaan sudah diganti rugi. Harusnya ke Desa Purwaraja, Sukoharjo dan Suka Makmur,” ucapnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Dilakukan Penyelaman, Tim SAR Berhasil Temukan Tubuh Serang TB Atlas

Palembang, Detik Sumsel — Tidak sampai 24 jam tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan tubuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda