Detik
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH saat menggelar rapat mediasi. Foto Heru/DS

PT Lonsum Diduga Caplok Lahan Eks Transmigrasi

Lahat, Detik Sumsel – Sengketa lahan antar PT London Sumatera (Lonsum) dengan warga Satuan Pemukiman (SP) 4 Desa Purwaraja, Kecamatan Kikim Timur, terus bergulir. Namun, dalam pertemuan yang difasilitasi Pemkab Lahat, Selasa (23/7), diduga perusahaan perkebunan kelapa sawit itu, telah mencaplok lahan warga eks transmigrasi.

Data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lahat, lahan seluas 165 yang menjadi objek sengketa, berada diluar HGU PT Lonsum. Lahan tersebut merupakan lahan transmigrasi.

“Saya sudah dengar keterangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, itu lahan milik masyarakat,” kata Bupati Lahat, Cik Ujang SH, Rabu (24/7).

Baca Juga :   Pameran Foto PFI Palembang Digelar 3-5 Desember 2020

Menurutnya, bila lahan yang disengketakan berada di luar HGU l, tentu bukan lah milik Lonsum. Sebab, Lonsum merupakan perusahaan, tentu saja ikut aturan mengelola lahan dalam HGU.

“Itu kebun pribadi, bukan perusahaan kalau di luar HGU. Kita akan turunkan tim untuk ukur ulang, kalau milik masyarakat kembalikan, begitu juga sebaliknya,” tegas Cik Ujang.

Namun, perwakilan PT Lonsum, Agus Efendi mengatakan, Lonsum tidak akan melakukan penanaman bila tidak ada ganti rugi sebelumnya. Apalagi Lonsum sudah memberikan ganti rugi kepada warga Desa Muara Tandi, terkait lahan yang diklaim milik warga Purwaraja itu.

Baca Juga :   Ajak ASN Bersedekah, Pemkot Palembang Kembangkan Aplikasi Si Abuh

“Bukan hanya kawan-kawan dari SP 4, kami juga berharap ini selesai,” katanya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Resmi, Golkar Sumsel Usung DRA Sebagai Calon Gubernur Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Dodi Reza Alex (DRA) resmi diusung oleh Partai Golkar untuk bertarung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *