Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Proposal Lebih Elegan

Proposal Lebih Elegan

Tanggal : Pukul :
395
0
Meski tergolong berbahaya, sebagian warga di beberapa daerah masih berani meminta dana bantuan masjid dipinggir jalan dan meletakkan kotak amal.

Lipsus, Detik Sumsel- Masih adanya dibeberapa daerah yang melakukan aksi meminta sumbangan untuk pembangunan masjid di tengah jalan dengan menggunakan alat seperti jaring, dinilai masyarakat membahayakan pengendara.

Di Kota Pagaralam, hal itu tak lagi tampak, karena dianggap berbahaya dan tidak efektif untuk mengumpulkan sumbangan karena letak Pagaralam yang bukan daerah perlintasan.

Di sejumlah daerah masih tampak ada warga yang meminta dana sumbangan untuk pembangunan Masjid.

Bakti (55), salah satu pengurus masjid di Pagaralam mengatakan, jika meminta sumbangan di tengah jalan sudah lama tidak dilakukan. Pasalnya selain dapat mengganggu masyarakat yang sedang berkendara, juga dinilai tidak begitu efektif.

“Bahkan untuk Pagaralam hal seperti ini tidak begitu diminati, karena untuk pembangunan masjid lebih memilih menggunakan sumbangan dari masyarakat langsung,” ujarnya.

Baca Juga :   Lempengan Tugu Adipura Dicongkel

Sambung Bakti, selain itu kenapa meminta sumbangan di jalan sudah tidak dilakukan, karena saat ini banyak pengurus masjid yang mulai beralih mengumpulkan dana lewat proposal yang dinilai lebih elegan dan tidak terkesan meminta minta.

“Proposal yang disebar sendiri tidak begitu saja disebarluaskan, namun lebih kepada pengusaha Islam dan masyarakat yang mampu di sekitaran masjid,” tuturnya.

Berbeda pula cara yang dilakukan pengurus masjid di Muara Enim untuk mengumpulkan dana pembangunan. Ketua Masjid Jamiatul Muhajirin di Jalan Laskar A Tohir, RT 01, RW 02, Kelurahan Pasar III Muara Enim, Said mengatakan, bantuan yang diupayakan oleh masjid ini diantaranya meminta bantuan melalui proposal, bantuan masyarakat secara langsung dan juga di jalan pada kendaraan yang melintas.

Baca Juga :   Pemprov Sumsel akan Maksimalkan Fungsi Laboratorium Lingkungan

“Alhamdulillah sumbangan untuk pembangunan masjid kita banyak dari masyarakat. Dan juga ada dari perusahaan yang juga ikut menyumbang,” tuturnya.

Selain itu, cara efektif lainnya dengan mengajukan bantuan pembangunan secara langsung saat kunjungan bupati ke masjid tersebut.  “Nanti saat Safari Ramadhan biasanya Pak Bupati datang, kita bisa ajukan langsung,” katanya. (rendi/ndi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here