Pemprov
Prodi Teknik Pertanian Unsri Raih Akreditasi A
Diraihnya akreditasi A tersebut berdasarkan keputusan BAN-PT No. 4135/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020 yang dikeluarkan 21 Juli 2020 lalu dan berlaku hingga 21 Juli 2025.

Prodi Teknik Pertanian Unsri Raih Akreditasi A

Palembang, Detik Sumsel – Program Studi (Prodi) Teknik Pertanian (TEP) Fakultas Pertanian Unsri berhasil mendapatkan predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Diraihnya akreditasi A tersebut berdasarkan keputusan BAN-PT No. 4135/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020 yang dikeluarkan 21 Juli 2020 lalu dan berlaku hingga 21 Juli 2025.

Akreditasi ini diperoleh melalui proses asessmen lapangan secara daring yang dilaksanakan pada 13 dan 14 Juli.

Koordinator Prodi TEP Fakultas Pertanian Unsri, Dr Ir Tri Tunggal MAgr mengatakan diraihnya sertifikat akreditasi A tersebut merupakan buah kerja keras dari civitas akademika yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian Unsri. Mulai dari dosen, mahasiswa hingga alumni yang telah lulus. “Kami berhasil mengumpulkan skor 364 dari seluruh item penilaian,” ujarnya saat dibincangi wartawan, Sabtu (1/8).

Baca Juga :   Misa Malam Natal di Gereja Santo Yoseph dan HKBP Berlangsung Hikmad

Tri mengatakan ada 7 standar aspek penilaian yang menjadi dasar pemberian akreditasi. Diantaranya, visi dan misi serta sasaran yang akan dicapai Prodi. Lalu, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu. Kemudian, mahasiswa dan lulusan. Kualitas SDM yang bekerja di Prodi. Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. Lalu pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi.

“Terakhir, berbagai penelitian, program pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan organisasi,” katanya.

Dijelaskannya, akreditasi A tersebut merupakan yang pertama sejak Prodi didirikan pada tahun 1984. “Kalau sebelumnya akreditasi kita selalu B. Tapi, kita terus melakukan perbaikan setiap tahunnya. Mulai dari ketersediaan tenaga pengajar, kelengkapan laboratorium dan sebagainya,” terangnya.

Baca Juga :   Revolusi Industri 4.0 Jadi Tantangan Alumni

Ia berharap diraihnya akreditasi A tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pendidikan. “Ini juga jadi penyemangat kami untuk terus menelurkan sumber daya manusia yang berkualitas serta penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Deby

Avatar

Check Also

Fokus Kadin dan Kegiatan Sosial, H Affandi Udji Keluar dari Golkar Sumsel

Palembang, Detik Sumsel– Wakil Ketua DPD Golkar Sumsel bidang Pendidikan dan Cendekiawan, H Affandi Udji …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *