Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah Posbakumadin OKU Siap Berikan Bantuan Hukum Gratis

Posbakumadin OKU Siap Berikan Bantuan Hukum Gratis

Tanggal : Pukul :
3562
0
Andi Dukung Warga Desa Perangai Kembangkan Potensi Desa
Pose Bersama Ketua PN Baturaja Dennie Arsan Fatrika SH MH bersama Posbakumadin OKU.

Baturaja, Detik Sumsel — Pengadilan Negeri (PN) Baturaja dan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu  Raya (Posbakumadin OKU Raya) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam pemberian bantuan Hukum bagi masyarakat tidak mampu.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangi oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, Dennie Arsan Fatrika, SH MH dan Ketua Posbakumadin OKU Raya, Advokat Joni Antoni, SH di ruangan Humas Pengadilan Negeri Baturaja, Rabu (5/2)

“MOU ini untuk memberikan bantuan pendampingan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu,” kata Ketua PN Baturaja Dennie Arsan Fatrika SH MH melalui Humas PN Baturaja Dedi Irawan SH MH Rabu (5/2).

Baca Juga :   Tilep Dana Desa, Mantan Kades Ulak Lebar Divonis 4 tahun

Dikatakan Dedi, MOU dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan PN Baturaja dalam rangka memberi bantuan hukum secara cuma- cuma kepada masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu. MOU dengan Posbakumadin ini berlaku untuk satu tahun kedepan.

“Jadi kepada masyarakat jangan segan-segan untuk memanfaatkan posbakum tersebut dalam menghadapi permasalahan hukum,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Posbakumadin OKU Raya, Advokat Joni Antoni, SH mengatakan perjanjian ini merupakan implementasi UU NO 16 Tahun 2011 dan Perma no 1 tahun 2014 tanggal 9 Januari 2014. Pointnya Posbakum PN Baturaja dan Posbakumadin OKU Raya bekerja sama memberi layanan kepada masyarakat kurang mampu di OKU.

Baca Juga :   Pelaku Ganjal ATM Keok Diterjang Timah Panas

“Bagi masyarakat tidak mampu yang tersandung masalah hukum atau mencari keadilan, kami siap membantu”, kata Joni.

Dijelaskan Joni, pemohon bantuan hukum adalah pencari keadilan yang terdiri dari orang perorangan yang secara ekonomi tidak mampu membayar jasa advokat sebagaimana diatur dalam lampiran PERMA  no 1 tahun 2014.

Joni mengingatkan apabila ada masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan bantuan hukum secara cuma-cuma dengan melengkapi beberapa persyaratan diantaranya surat keterangan tidak mampu dari lurah/kepala desa.

“Kami standby setiap hari kerja di Pengadilan Negeri Baturaja, setiap hari diruangan Posbakum Pengadilan Baturaja ada advokat/pengacara yang piket”, pungkas Joni.(fei)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here