Pemerintah Sumatera Selatan
ACT GLOBAL QURBAN
Beranda Daerah Polres Muba Amankan Dua Bandar dan Oknum ASN Secara Bersamaan

Polres Muba Amankan Dua Bandar dan Oknum ASN Secara Bersamaan

Tanggal : Pukul :
344
0
Polres Muba Amankan Dua Bandar dan Oknum ASN Secara Bersamaan
Wakapolres Muba Kompol Irwan Andeta, di dampingi Kasat Reserse Narkoba AKP Dedi Haryanto, SH, saat press rilis di halaman Mapolres Muba, Kamis (28/5)

Sekayu, Detik Sumsel – Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Muba, kembali berhasil mengungkap dua kasus menonjol, yaitu satu kasus jaringan bandar besar dan berhasil juga mengamankan dua orang tersangka atas nama Deden Saputra bin Zainuddin dan wilgen Gibran Alipir.

Kapolres Musi Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, melalui Wakapolres Kompol Irwan Andeta , mengungkapkan bawa dari penangkapan tersebut polisi berhasil mengamankan barang bukti satu paket sabu-sabu dengan berat 100,75 gram dan 246 butir ekstasi warna coklat logo “S” dengan total berat sebanyak 73,16 gram.

“Selain itu, Sat Res narkoba juga mengamankan satu kasus pelaku pengguna yang berstatus sebagai aparatur sipil negara ASN yang berdinas di Pemkab Muba. Dari penggerbakan itu petugas mengamaankan dua orang tersangka atas nama Mita Oktaviansyah (ASN) dan Alexander,”. “Barang bukti berupa barang bukti yang berhasil diamankan, yaitu satu paket sabu-sabu dengan berat 0,24 gram,” bebernya , Kamis (28/5) saat press rilis di halaman Mapolres Muba.

Wakapolres mengungkapkan, kronologis penangkapan pelaku pada hari Senin tanggal 18 Mei 2020 sekira pukul 14.30 WIB, anggota sat res narkoba dipimpin langsung Kasat Narkoba AKP Dedi Haryanto, berhasil melakukan tangkap tangan pelaku tindak pidana narkoba bertempat di Dusun 1 Desa Lais Kecamatan Lais Kecamatan Kabupaten Muba.

Baca Juga :   Usai Fikir-Fikir Divonis 5 Tahun Bui, Ahmad Yani Ajukan Banding

“Saat penangkapan, dua orang tersangka yang diduga bandar sedang menggunakan sepeda motor. Sehingga langsung digeledah dan ditemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 100,75 gram serta ekstasi sebanyak 246 butir. Sehingga langsung digiring ke Mapolres Muba untuk dilakukan pengembangan, dan diperoleh informasi bahwa ada lagi bandar yang lebih besar,” bebernya.

Kemudian di tempat berbeda anggota sat res narkoba pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 sekira pukul 20.00 WIB di jalan Letjen H Nur, Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu, juga mengamankan dua orang tersangka pengguna yang diduga berstatus sebagai ASN Pemkab Muba bersama temannya.

“Benar saja, ketika dilakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti berupa sabu-sabu sebanyak 0,24 gram dari tangan tersangka,” terangnya.

Sementara itu Kasat Narkoba AKP Dedi Hariyanto mengungkapkan, tindak pinda kasus narkoba tersebut, ke Empat pelaku dijerat dengan pasal yang berbeda diantaranya  dua tersangka merupakan jaringan bandar dengan pasal 114 ayat 2 junto pasal 132 subsider pasal 112 ayat 2 junto pasal 132 dengan caman hukuman minimal 5 tahun maksimal 20 tahun penjara.

Baca Juga :   Berbekal Rekaman CCTV, Kakak Beradik Pelaku Curanmor Ini Dilumpuhkan

Dua tersangka lainnya sebagai pengguna dengan pasal 114 ayat 1 junto pasal 132 subsider pasal 112 ayat 1 junto pasal 132 lebih subsider pasal 127 ayat 1 huruf a undang-undang Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun maksimal 4 tahun penjara.

“Berdasarkan barang bukti narkoba yang disita, yaitu sabu- sabu dan ekstasi dengan jumlah nilai rupiah sebesar Rp 206 juta dan Rp 400.000 maka aparat kepolisian berhasil menyelamatkan 650 anak bangsa dari penyalahgunaan narkotika dengan rasio 0,25 gram yang dikonsumsi oleh satu orang,”

Pihaknya juga menghimbau kepada semua elemen masyarakat di Kabupaten Muba untuk membantu kepolisian secara bersama-sama dalam memerangi peredaran gelap narkoba laporkan kepada pihak kepolisian terdekat apabila menemukan tindak pidana narkotika yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya. “Atau secara langsung melaporkan kepada satresnarkoba pada nomor call center 0821 8045 3746 stop narkoba hidup sehat tanpa narkoba,” tukasnya.(edy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here