Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Politeknik Transportasi SDP Palembang Berbagi Ilmu Dengan Pakar Internasional

Politeknik Transportasi SDP Palembang Berbagi Ilmu Dengan Pakar Internasional

Tanggal : Pukul :
295
0
Seminar Internasional Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan Palembang bersama pakar di Wyndham OPI hotel Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Melalui seminar Internasional yang digelar Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan Palembang. Diharapkan dunia transportasi khususnya sungai, danau dan penyeberangan di Indonesia bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara optimal terlebih lagi untuk keselamatan dan keamanan bagi transportasi itu sendiri.

“Seperti yang kita lihat, yang kita dengar masih banyak kejadian kejadian yang tidak kita inginkan menimpa transportasi sungai, danau dan penyeberangan di Indonesia,”kata Direktur Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan Palembang Hartanto MH M MAR E disela-sela pembukaan seminar di Wyndham OPI hotel Palembang Minggu (20/10).

Dalam seminar ini, Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan Palembang menghadirkan banyak pakar di bidang transportasi dari berbagai negara diantaranya. Rusia, Taiwan, Bangladesh, Malaysia, India, dan Turki serta dari negara Indonesia sendiri.

“Artinya dalam seminar ini kita sharing berbagi ilmu pengetahuan. Dan tentunya dengan ilmu yang didapatkan dari seminar ini diharapkan bisa menjadikan pelayanan transportasi sungai, danau dan penyeberangan lebih prima lagi,”bebernya.

Untuk materi seminar, dikatakan Hartanto sesuai dengan topik karena Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan menginginkan membuat suatu peraturan yang berkelanjutan agar dunia transportasi khususnya sungai dan danau serta penyeberangan berjalan sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada.

“Dengan adanya aturan dan regulasi semua kegiatan transportasi sungai, danau dan penyeberangan berjalan lebih teratur dan mendapatkan hasil yang maksimal,”tuturnya.

Menurut Hartono, Politeknik Transportasi SDP Palembang merupakan satu-satunya Politeknik Transportasi SDP yang ada di Indonesia bahkan yang terbesar di Asia dulunya.

“Sejarah adanya Angkutan Sungai, danau dan penyeberangan (ASDP) di Indonesia tidak lepas dari kerja sama dengan negara Belgia sejak tahun 80 an hingga sekarang. Bahkan orang orang Asia belajar ASDP di Palembang di Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan Palembang yang ada di Mariana,”jelasnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi serta belajar dari kejadian kejadian kecelakaan transportasi sungai di Indonesia sehingga Menhub memerintahkan jajaran Kemenhub melalui SDM kemenhub untuk lebih ker dalam tugas terutama membangun SDM yang lebih profesional, memiliki keahlian dan beretika.

“Kedepannya ada satu RPM yang sudah dikeluarkan Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi akan terbit. Dalam RPM itu mengatur semua cara mengoperasikan kapal dan pelabuhan serta sertifikat operator kapal dan pelabuhan serta perusahaan kapalnya,”tuturnya.

RPM yang dikeluarkan ini berisi penerbitan semacam STNK untuk kapal dan semacam SIM bagi nahkodah nya.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here