Iklan

Detik
Pemprov
Polisi Tidak Berhak Stop Aktivitas Perusahaan
Kapolres Lahat, AKBP Irwansyah SIK. Foto Istimewa.

Polisi Tidak Berhak Stop Aktivitas Perusahaan

Lahat, Detik Sumsel — Terkait banyaknya perselisihan antara warga dengan pihak  perusahaan di Kabupaten Lahat. Kapolres Lahat, AKBP Irwansyah SIK mengatakan, pihak kepolisian tidak memiliki wewenang untuk melakukan penyetopan aktifitas perusahaan.

“Intinya jika perusahaan tersebut telah mengantongi izin yang berlaku, kita (Polisi red) tidak punya kapasitas menyetop aktifitas mereka (perusahaan red),” kata Irwansyah, Jumat (21/2).

Lanjut Irwansyah, untuk saat ini terdata ada sekitar 7 perusahaan baik pertambangan dan perkebunan sawit, yang berkonflik dengan masyarakat. Konflik tersebut kita upayakan agar bisa diselesaikan secara mediasi, dan jalur-jalur yang ditentukan. Seperti mediasi melalui forkompinda yakni Pemkab Lahat.

Baca Juga :   Pencuri Toko Mas di Lahat Rupanya Pakai Ilmu Gendam

“Setiap ada konflik antara warga dan pihak perusahaan, kedua belah pihak kita panggil untuk bermediasi. Tapi jika tidak selesai, kita akan surati Bupati Lahat untuk bertemu jalur mediasi yang dipasilitasi Pemkab Lahat,” jelasnya.

Terkait pengamanan, pihak kepolisian bakal turun ke lapangan saat terdengar ada riak, antara masyarakat dengan pihak perusahaan. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi tindakan anarkis dari kedua belah pihak, sehingga menimbulkan kerugian ataupun korban jiwa.

“Seperti konflik antara masyarakat Desa Ulak Pandan dan PT BAU kemarin. Ada tidak ada surat aksi, kita akan langsung lakukan upaya pengamanan. Jika masyarakat tidak puas, silakan tempuh jalur yang ditentukan. Jangan terpancing lalu bertindak anarkis,” tegas Irwansyah. (heru).

Baca Juga :   Raup 93 Suara, Anis Kembali Pimpin Unsri
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Lubang di Jalur Perkantoran Pemkot Pagaralam Bahayakan Pengendara

Pagaralam, Detik Sumsel- Sebagai salah satu akses jalan menuju Pusat Perkantoran Pemerintah Kota Pagaralam, tepatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *