Gran Fondo
Tampak bangunan Pasar Kangkungan dalam kondisi terbengkalai. Foto Heru/DS

PKL di Pasar Lematang, Ditawari Pindah ke Pasar Kangkungan

Lahat, Detik Sumsel — Isu terkait pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Lematang Lahat, masih jadi perbincangan hangat warga Lahat. Beragam solusi sudah ditawarkan Pemkab Lahat, agar PKL tetap bisa berjualan. Selain direlokasi ke lantai 2 Pasar Lematang, PKL juga ditawarkan mengisi Pasar Kangkungan, di Kelurahan Kota Jaya, Lahat.

Seperti diketahui Pasar Kangkungan yang dibangun sejak tahun 2014, menelan dana hingga Rp5 Miliar dana APBN itu, sudah lama terbengkalai. Dari 204 lapak pedagang yang ada, kini mulai ada yang rusak. Bahkan tak jarang dilaporkan, lokasi itu mala jadi tempat maksiat.

Baca Juga :   Gelar Kejuaraan Dunia Hingga Kembangkan Wisata Air

“Kalau ada PKL yang mau pindah ke Pasar Kangkungan, kita gratiskan retribusi selama 1 tahun,” ujar Sekda Lahat, Januarsyah Hambali, Rabu (3/7).

Dipilihnya Pasar Kangkungan sendiri, jadi alternatif jika PKL di Pasar Lematang melebihi kuota yang disiapkan. Sehingga bisa jadi solusi untuk memecah kepadatan, di Pasar Lematang Lahat. Untuk memancing pembeli, Pasar Kangkungan akan dibuat homogen. Seperti pasar khusus buah, atau sayuran.

“Saya yakin, masih akan tetap ramai, jika PKL sudah pindah ke lokasi itu. Seperti kalau ada tumpukan gula, semut bakal datang sendiri secara bergerombolan menuju gula,” sampainya.

Baca Juga :   2.249 TPS Belum Digelar Pemungutan Suara

Hanya saja, pernyataan Sekda Lahat tersebut rupanya mala menuai kontroversi dikalangan pedagang. Mengingat sejak Mei tahun 2018 lalu, Bupati Lahat sebelumnya, H Saifudin Aswari Rivai, telah mengeluarkan Peraturan Daerah, membubarkan Pasar Kangkungan. Saat ini bangunan tersebut berdiri tanpa status.

“Bangunan itu bisa saja diperuntukan untuk tujuan semula, tapi butuh Perbup baru lagi. Agar bangunan itu punya status jelas, pengelolanya harus jelas jika harus jadi pasar lagi,” ujar Ismed Taher, tokoh masyarakat Lahat. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Dua Jam Api Berkobar, Sembilan Rumah Jadi Arang

Palembang, Detik Sumsel — Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kiai Marogan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *