Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah PJS Kades Tanjung Beringin Diduga Tidak Transparan Kelola DD

PJS Kades Tanjung Beringin Diduga Tidak Transparan Kelola DD

Tanggal : Pukul :
304
0
Arsil Amin PJS Desa Tanjung Beringin. Foto Istimewa

Lahat, Detik Sumsel — Warga Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Lahat, kini mulai merasa kesal. Pasalnya PJS Kades setempat, Arsil Amin diduga mulai bertindak nakal. Dana desa yang ada ditangannya, diduga diolah tidak transfaran.

Budi (bukan nama sebenarnya red), salah satu warga setempat yang tidak ingin identitasnya disebutkan membeberkan, selain melakukan mark up pembelian 40 unit lampu jalan untuk desa. Karena dinilai dari fisik lampu dan tiang, tidak sesuai dengan besaran anggaran di APBDesa.

“Untuk kondisi seperti ini, nggak mungkin satu unitnya senilai puluhan juta. Dari kondisi fisiknya saja sudah terlihat, dari tiangnya tipis, lampunya tidak terang,” ujarnya, Selasa (10/12).

Bukan hanya itu, warga setempat juga menduga, Arsil sudah mengelola dana desa tahun 2019 ini, juga tidak merealisasikan Dana BUMDes. Seperti pembelian handtraktor, dan mesin penggiling padi. Mengingat dana tersebut sudah dicairkan, namun hingga kini belum juga terealisasikan.

“Uang itu kan cair, kalau struktur BUMDes sudah dibentuk. Jadi ada apa sampai belum direalisasikan. Pembangunan gedung PAUD, jalan setapak, sampai sekarang juga belum selesai,” bebernya.

Saat dikonfirmasi, Arsil membantah terkait laporan itu. Dengan nada kecil menjawab, untuk program BUMDes memang belum terbentuk. Karena harus ada lembaga. Kalau untuk lampu jalan memang ada 40 unit, dan sudah sesuai RAP.

“Kalau jalan setapak, itu masih proses. Coba main ke sini saja dulu dek,” kata Arsil, via seluler. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here