Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Ilustrasi

Peternak Ayam Menjamur, Hanya Sumbang “Bau” Bagi Warga

Lahat, Detik Sumsel — Selain menggiurkan, usaha ternak ayam potong di Kabupaten Lahat terbilang menjanjikan. Mengingat permintaan daging ayam terus meningkat setiap waktunya, terutama di waktu-waktu tertentu. Wajar saja saat ini peternak ayam potong di kabupaten Lahat, mulai diminati masyarakat Lahat.

Hingga November 2018 saja, tercatat sudah mencapai 13 jenis usaha ternak ayam potong tersebar di Kabupaten Lahat. Meskipun begitu, usaha skala besar itu, tidak menjadi salah satu penyumbang pendapatan bagi daerah. Hanya jadi penyumbang bau dan lalat, bagi wilayah tempat usaha tersebut berdiri.

Baca Juga :   Kepala BKPSDM Palembang Resmikan Mushola Al-Hijrah

“Itu jumlah yang tercatat. Tidak bisa dipungut retribusi, karena bangunan kandang itu hanya bersifat sementara,” ujar Kabid Ekonomi Perhubungan, Sri Harsani SH, Jumat (9/11).

Kendati bangunan kandang tersebut tidak memiliki IMB (Izin mendirikan Bangunan). Sri menjelaskan, pemilik usaha tetap harus mengantongi surat izin usaha jenis ternak, serta surat rekomendasi dari tetangga, Camat, Dinas Perternakan, dan izin lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup.

“Bisa kita keluarkan izin, setelah yang bersangkutan telah mendapatkan rekomendasi. 13 pemilik usaha ternak ini juga tercatat belum melakukan perpanjangan izin pemeliharaan hewan,” bebernya.

Baca Juga :   Percepat Growth Ekonomi, OKI - Bangsel Lakukan MoU

Sementara, Kabid LB3 Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Budi Utama mengatakan, untuk jenis usaha ini hanya perlu membuat surat pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup (SPPL red). Diawali dari rekomendasi pejabat tempat usaha berdiri, seperti Kepala Desa.

“Tidak wajib izin lingkungan, karena masih tergolong usaha kecil. Tapi harus ada pernyataan persetujuan dari warga dahulu. Karena biasanya kotoran dari kandang itu, berdampak pada lingkungan sekitar, seperti banyaknya lalat,” kata Budi. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Hadiri Puncak Hari Santri Nasional, HD Minta Santri Manfaatkan Teknologi

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru meminta para santri di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *