Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Petani Kopi di OKU Diserang Beruang, Warga Dihimbau Waspada Saat Berkebun

Petani Kopi di OKU Diserang Beruang, Warga Dihimbau Waspada Saat Berkebun

Tanggal : Pukul :
1438
0
Kapolsek Semidang Aji Iptu Bastari saat melayat kerumah duka

Baturaja, Detik Sumsel – Nawandri (25) warga Dusun 5 Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU yang tewas diterkam beruang. Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai petani kopi ini diserang beruang saat sedang beraktifitas di kebunnya yang terletak di Talang simpang empat Bukit Bungkuk Desa Padang Bindu pada Senin kemarin (2/12) sekira pukul 15.00 sore.

Mendapat laporan adanya warga yang tewas diterkam beruang tersebut, Kapolsek Semidang Aji Iptu Bastari beserta anggota langsung mendatangi rumah duka untuk melakukan identifikasi. “Pagi tadi sekitar pukul 07.00 saya di hubungi anggota piket bahwa ada yang melaporkan kejadian tersebut, kami langsung bergerak meluncur kerumah duka dan mengecek langsung kondisi korban,”kata Kapolsek.

Dikatakan Bastari dari hasil identifikasi sesuai dengan tanda dan luka yang ditemukan di tubuh korban kuat dugaan korban tewas akibat diserang binatang buas yakni seekor beruang. Bagian tubuh yang diserang yakni lutut kaki kanan, paha kiri, selangkangan, pinggang, tangan termasuk ada juga luka didada. “Saya sudah mengecek dan melihat langsung yang paling parah itu tubuh bagian bawah terutama area selangkangan,” ungkapnya.

Diungkapkannya, ditubuh bagian bawah ada sekitar 5 luka yang cukup parah dengan diameter sebesar ibu jari orang dewasa. “Kalau dilihat dari lukanya ada bekas cakaran dan luka robek berdiameter sebesar ibu jari yang diduga bekas kuku beruang, yang paling parah itu diarea selangkangan,” tuturnya.

Untuk memgantisipasi agar kejadian ini tak terulang lagi, Bastari mengatakan pihaknya langsung mengambil langkah awal menghubungi pihak BKSDA OKU untuk menindak lanjuti agar tidak lagi terjadi hal serupa.

“Saya juga sudah menyampaikan kepada masyarakat baik digorup WA ataupun secara langsung agar tetap waspada dan berhati-hati saat beraktifitas di kebun atau berladang. Jangan pergi ke kebun sendirian minimal harus berkelompok sampai situasi aman kembali,” himbaunya

Sementara itu Pihak BKSDA melalui Koordinator KPHK Gunung raya seksi BKSDA wilayah 3. Herman mengatakan pihaknya baru mengetahui kejadian ini sekitar pukul 7 pagi setelah dihubungi oleh Polsek Semidang Aji terkait adanya korban yang diduga diterkam binatang buas jenis beruang.

“Patut diduga, kerena menurut keterangan masyarakat adalah beruang,” kata Herman.

Saat ini lanjut Herman pihaknya akan melaporkan hal ini kepimpinan untuk mengambil tindakan lebih lanjut, namun sebagai langkah awal pihaknya telah menyarankan kepada pihak pemerintah desa agar menghimbau warga untuk menghindari daerah-daerah yang dilintasi oleh beruang tersebut.

Saat disinggung ada beberapa kejadian di beberapa wilayah sumsel warga diserang hewan buas, Herman mengatakan hal ini kemungkinan diakibatkan oleh pengalihan fungsi hutan.

“Banyak hutan yang dibuka oleh masyarakat dan beralih fungsi menjadi perkebunan sehingga areal hutan semakin menyempit, memang sebenarnya kebun-kebun itu adalah milik masyarakat itu sendiri,” tandasnya (fei)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here