Beranda Liputan Khusus Pesan Tiket Pesawat Sejak Tahun Lalu

Pesan Tiket Pesawat Sejak Tahun Lalu

Tanggal : Pukul :
181
0
Sebagian pemudik mulai mencoba untuk mendatangi loket penjualan tiket pesawat di bandara. (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

Lipsus, Detik Sumsel- Bagi calon pemudik yang berencana naik transportasi udara, tak perlu bersusah payah. Pasalnya berbeda dengan penyedia layanan transportasi udara, peminat pesawat bisa membooking sejak satu tahun sebelumnya.

General  Manager PT Garuda Indonesia Palembang , Wahyudi Kresna mengatakan, menghadapi lebaran pihaknya tidak ada persiapan khusus terkait dengan booking tiket. Karena pemesanan sudah bisa dilakukan satu tahun ke depan, jadi tidak perlu menunggu pada saat menjelang lebaran.

Diakuinya saat ini sudah banyak penumpang yang melakukan pemesanan tiket untuk lebaran, pada saat kegiatan Garuda Fair lalu. “Tapi jangan khawatir karena kami masih membuka penjualan tiket lebaran sampai saat ini, dan dipastikan tidak akan ada terjadi penumpukan penumpang,” katanya.

Wahyudi menambahkan, seperti moda transportasi lainnya, jika terjadi lonjakan permintaan akan ada penyesuaian harga tiket. Untuk pesawat dibatasi dengan ketentuan batas atas dan bawah, bila belajar dari lebaran tahun lalu, tiket pesawat tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan karena harga sudah dari tahun lalu, seperti untuk Palembang-Jakarta dengan harga Rp 1,13 juta.

Baca Juga :   Pawai Takbir, Bawa Obor Keliling Kampung

“Untuk harga kita memang agak lebih tinggi, tapi harga ini berlaku fleksibel, bila ada perubahan tanggal atau jadwal keberangkatan maka penumpang tidak akan dikenakan biaya tambahan,” jelas Kresna.

Garuda tidak akan memberikan pelayanan khusus saat terjadi lonjakan penumpang, karena selama ini layanan sudah diberikan secara maksimal. Mulai dari pemesanan tiket di kantor sampai pada saat penerbangan penumpang akan dilayani dengan baik. Pihaknya memberikan pilihan minuman untuk penumpang dan snack ketika perjalanan di atas satu jam.

“Tapi memang  di H-3 Lebaran, kita akan membentuk Tim Satgas yang bertugas untuk memantau dan memastikan penerbangan ontime sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan untuk mengontrol tidak ada keterlambatan dalam hal layanan kepada penumpang serta meningkatkan layanan servis kepada penumpang,” katanya.

Baca Juga :   Warga Siap Terima Serangan Fajar

Hal senada juga disampaikan oleh General Manager Citylink Palembang, Bahtiar, tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi lebaran sama seperti biasa. Untuk tiket saja calon penumpang sudah bisa melakukan pemesanan tiket satu tahun sebelumnya. Dan belajar dari tahun lalu tidak ada lonjakan yang signifikan pada penumpang, tapi pihaknya siap memberikan layanan yang bila ada terjadi lonjakan.

“Kita tidak khawatir, selain flight banyak, dan sampai saat ini kita belum ada rencana untuk melakukan penambah jadwal penerbangan. Seperti lebaran tahun lalu, jadwal penerbangan kita seperti biasa, sekarang kan banyak maskapai yang memberikan layanan dan rute yang sama, jadi berbagi kue lah dengan maskapai lain,” ucapnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here