Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Ilustrasi

Perwakilan Warga Desa Bukit Ulu Serahkan Data Dugaan Penyelewengan Dana Desa di Polda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Meski sudah dilaporkan ke Polres dan Kejaksaan setempat, oknum Kepala Desa Bukit Ulu, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara berinisial AF yang diduga telah menyelewengkan pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2017 hingga kini sang Kades belum tersentuh oleh hukum.

Diwakili Ketua Badan Pemberdayaan Desa Bukit Ulu M Haris Senin (7/1) mendatangi Mapolda Sumsel untuk melaporkan dugaan penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh AF.

Karena dugaan kasus penyelewengan Dana Desa ini sudah pernah dilaporkan di Polres dan Kejaksaan setempat maka mereka hanya menyerahkan data – data dugaan kasus penyelewengan ini ke Kapolda Sumsel melalui Kasetum.

Baca Juga :   Jadi Komisioner KPU Sumsel, Hendri Daya Putra Harapkan Kritik dan Saran Yang Membangun

M Haris mengatakan dari anggaran Dana Desa untuk Desa Bukit Ulu sebesar Rp 680 700.000 dengan rincian Rp 522.000.000 untuk pembangunan fisik dan 158.700.000 untuk pemberdayaan masyarakat.

Namun pada kenyataannya hanya Rp 105.760.000 untuk pembangunan fisik dan Rp 20.000.000 untuk pemberdayaan masyarakat. Sedangkan sisanya 500 juta lebih diduga diselewengkan oleh Kades Desa Bukit Ulu.

“Semua ini sudah kami laporkan ke Polres Musi Rawas dan Kejaksaan Musi Rawas, namun tidak ada kelanjutan nya dengan alasan harus ada audit dari Inspektorat lah inilah itulah. Jadi kami datang kesini (Polda Sumsel) dengan harapan bisa ditindak lanjuti laporan kami ini,”ujarnya.

Baca Juga :   Demi Sriwijaya FC, HZ Rela Lakukan Hal Ini

Selain itu, lanjutnya pembangunan fisik berupa drainase yang menggunakan dana desa ini juga tidak sesuai dengan raf sehingga kondisi drainase yang baru dibangun banyak yang rusak.

“Begitu juga dengan alokasi dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dari beberapa item anggaran Rp 158.700. 000 hanya terealisasi sebesar Rp 20.000.000 hanya untuk insentif guru keagamaan TPA,”jelasnya.

Sementara ini data dugaan penyelewengan Dana Desa yang diduga dilakukan oleh Kades Bukit Ulu yang dibawa oleh Ketua BPD Desa Bukit Ulu telah diserahkan kepada Kasetum Polda Sumsel untuk diteruskan kepada Kapolda Sumsel.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Bongbongan Silaban SH. LLM Ketua PN Klas 1 A Khusus Palembang

Tak Disiplin, Ketua Pengadilan ini Dihukum Penundaan Pangkat Setahun

Palembang, Detik Sumsel, – Ketua Pengadilan Negeri klas 1 A khusus Palembang Bombongan Silaban SH dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *