Beranda Daerah Perusahaan Media Wajib Lampirkan Surat Referensi Dewan Pers

Perusahaan Media Wajib Lampirkan Surat Referensi Dewan Pers

Tanggal : Pukul :
312
0
Kepala Bagian Humas Setda Kota Palembang, Amiruddin Sandy

Palembang, Detik Sumsel  — Terkait Surat Keputusan (SK) Walikota Palembang Nomor : 500/KPTS/III/2018, tentang Standar Operasional Prosedur Kerjasama dengan Media Massa dan Media Elektronik Untuk Penyebaran Informasi Kegiatan Pemerintah Kota Palembang. Pihak perusahaan media diharapkan untuk dapat melampirkan surat rekomendasi dari Dewan Pers di Jakarta.

Dijelaskan, Kepala Bagian Humas Setda Kota Palembang, Amiruddin Sandy, dalam Surat Keputusan Walikota tersebut, dijelaskan bahwa mekanisme kerjasama media dengan Pemerintah Kota Palembang harus dilengkapi berbagai syarat kelengkapan lainnya, yaitu dengan melampirkan surat rekomendasi dari Dewan Pers di Jakarta.

“Berkas yang harus dilengkapi diantaranya, maksud dan tujuan kerjasama, identitas para pihak, kantor media harus berdomisili atau memiliki perwakilan di Kota Palembang, perusahaan harus terdaftar dan berbadan hukum, referensi bank, serta sudah terdaftar di Dewan Pers dengan melampirkan surat referensi dari dewan pers yang masih berlaku,” jelasnya ujar Kepala Bagian Humas Setda Kota Palembang, Amiruddin Sandy, Rabu (02/01).

Baca Juga :   Polemik Parkir Kendaraan di Luar Garasi

Pria kelahiran Palembang, 25 Juni 1984 tersebut juga mengatakan, penerapan SOP kerjasama tersebut tidaklah berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, namun yang membedakan, untuk tahun 2019 ini, media yang diajukan harus sudah terdaftar dan terverifikasi oleh Dewan Pers.

“Oleh karena itu, kami berharap semua media yang ingin mengajukan penawaran kerjasama, untuk segera melengkapi berkas-berkas yang telah ditentukan, agar tidak menghambat proses administrasi kerjasama,” ujarnya.

Masih dikatakannya, bahwa apa yang diterapkan tersebut memang merupakan regulasi dari Dewan Pers Nomor : 4/Peraturan-DP/III/2008, pasal 17 yang harus diterapkan oleh seluruh media massa di Indonesia.

Baca Juga :   Masih Fokus Parkir Liar di Jalan Raya

“Kita hanya ingin menerapkan aturan dari dewan pers, dan ini demi kebaikan media itu sendiri. Bagi media yang belum terdaftar di Dewan Pers, silahkan segera daftarkan medianya ke dewan pers sesuai dengan melengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan,” tuturnya.

Dirinya juga mempersilahkan kepada perusahaan media yang masih proses Verifikasi Dewan Pers untuk tetap memasukkan penawaran kerjasama ke Pemerintah Kota Palembang.

“Silahkan tetap masukkan penawaran kerjasamanya kepada kami, namun saat proses nanti, kami harapkan semua berkas sudah dilengkapi termasuk verifikasi dari dewan pers,” pungkasnya. (Rill)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here