Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sumsel Capai 9 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sumsel Capai 9 Persen

Tanggal : Pukul :
93
0
Suasana pemaparan tentang perkembangan ekonomi Syariah (maya/ detiksumsel)

Palembang, Detik Sumsel – Pertumbuhan ekonomi syariah di Palembang saat ini cukup tinggi. Tercatat growth pertumbuhan mencapai 9 persen, angka ini lebih tinggi dibandingkan rata rata nasional yang hanya 5-6 persen.

Direktur Pengawas Lembaga Jasa Keuangan OJK regional 7 Sabil mengatakan, potensi ekonomi Syariah sangat besar apalagi 91 persen katena masyarakat di Sumsel muslim. Sayang nya, sejauh ini masih menjadi target market dan bukan pemain di market tersebut.

Seharusnya sebagai negara mayoritas muslim seharusnya Indonesia bisa belajar dari negara non muslim yang membidik market dan menjadi pemain. Seperti Tiongkok menjadi eksporti busana muslim terbesar, Korea menciptakan destinasi wisata halal dan masih banyak lagi. “Padahal Indonesia harusnya mampu merebut potensi ini,”jelasnya.

Dikatakan, perkembangan ekonomi syariah samoai saat ini masih berjalan lambat karena terkendala pada infrastruktur dan jaringan (outlet) yang hanya 7 persen dibandingkan bank konvensional. Ini tentu tidak inline sedangkan penetrasi perbankan nasional sangat agresif.

“Sampai saat ini aset perbankan syariah masih dibawah aset komvensional, perbankkan syariah 600 sedangkan konvensional 8000 dengan target pertumbuhan 12 -13 persen setiap tahun. Artinya, kalau pun tumbuh 100 persen, maka butuh waktu 10 tahun untuk syariah untuk menyusul konvensional,”katanya, Jumat (20/09).

Sedangkan SEVP Bisnis Ritel dan jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi mengatakan, butuh dukungan semua stakeholder untuk mendorong ekonomi syariah. Seperti meningkatkan literasi dan sosialisasi perbankan syariah. Lalu, adanya sinergi antara OJK dan Bank Indonesia untuk memudahkan pengembangan ekonomi syariah.

“Ya intinya dukungan semua pihak agar terjadi percepatan pengembangan Ekonomi Syariah, “katanya

Sejalan dengan pertumbuhan kinerja BNI Syariah yang positif, kinerja Kantor Cabang Palembang juga terus meningkat. Alhamdulillah hal ini membuktikan kehadiran BNI Syariah diterima baik oleh warga Sumatera Selatan.

Per Juni 2019 aset BNI Syariah Palembang mencapai Rp 671 miliar dengan total Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun sebesar Rp 654,7 miliar dan penyaluran pembiayaan
sebesar Rp 550,5 milyar.

BNI Syariah memiliki 4 kantor cabang di wilayah Sumatera Selatan yaitu Palembang, Kota Baturaja, Lubuk Linggau dan KM.12 Palembang. Kantor Cabang Palembang , kantor cabang baturaja,kantor cabang KM 12. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here