Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah Pertama di Sumatera, Mendagri Bakal Resmikan Penggunaan ADM di Muba

Pertama di Sumatera, Mendagri Bakal Resmikan Penggunaan ADM di Muba

Tanggal : Pukul :
799
0
Pertama di Sumatera, Mendagri Bakal Resmikan Penggunaan ADM di Muba
Kepala Dinas Kominfo Muna Herryandi Sinulingga, saat memberikan masukan, saat rapat rencana kedatangan Mendagri Tito Karnavian di Muba.

Sekayu, Detik Sumsel – Jika pada akhir tahun lalu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah meluncurkan penerapan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), kini giliran Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang akan meluncurkan penggunaan mesin tersebut di dua kecamatan. Sehingga untuk di Pulau Sumatera, Muba yang pertama menerapkan penggunaannya, dan pertama secara nasional bersama Kabupaten Magetan, serta Kabupaten Tanggerang Selatan.

“Muba pertama di Pulau Sumatera, dan Pertama secara Nasional bersma dua kabupaten lainnya,” beber Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muba, Hj Asmarani

Menurut Asmarani, direncanakan bahwa peluncuran penggunaan mesin ADM tersebut akan diresmikan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian. “Direncanakan Bapak Mendagri langsung, sehingga kita butuh persiapan yang baik. Sehingga acaranya berjalan bagus,” katanya usai Rapat pemantapan kegiatan di Pemkab Muba Jumat (21/2).

Dikatakan Asmarani bahwa dua kecamatan yang pertama akan dilakukan penerapan penggunaan mesin ADM adalah Kecamatan Sungai Lilin dan Sanga Desa. Mesin hasil inovasi Kemendagri ini mirip seperti ATM (Anjungan Tunai Mandiri), yang bisa Mesin mencetak berbagai dokumen seperti e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, kartu keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Baca Juga :   Inovatif, Kades Ini Bangun Gedung Serbaguna Pakai DD

Tetapi Sebelum melakukan pencetakan dokumen di ADM, warga harus melakukan registrasi terlebih dulu di Dinas Dukcapil Kab. Muba “Ya, warga harus sudah melakukan rekam data e-KTP terlebih dulu, sehingga bisa dilakukan langsung pencetakan,” terang mantan Camat Sanga Desa Ini.

Dibeberkannya, prosedur menggunakan ADM, yaitu mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Disduckapil sesuai dengan prosedur atau persyaratan. Kemudian pemohon akan mendapatkan PIN yang dikirim ke nomor ponsel setelah mendaftar ke Kantor Disdukcapil. ” Ada dua PIN yang akan diterima pemohon, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan PIN untuk mencetak,” kemudian “PIN hanya bisa digunakan untuk Satu Kali pencetakan,” bebenya lagi.

Baca Juga :   Ramai-ramai Warganet Hujat Akun Facebook Deri Permana

Dirinya berharap dengan adanya mesin ADM, bisa mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Karena selama ini, jauhnya jarak dalam proses kepengurusan administrasi tersebut.

“Pemerintah ingin mempermudah urusan masyarakat, sehingga dibuatkan berbagai kemudahan dengan pemanfaatan teknologi saat ini,” pungkasnya.

Menanggapi hal yang disampaikan, Yudi Herzandi dalam arahannya, menegaskan kepada panitia yang terkait dalam acara tersebut, agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Saya minta kepada panitia yang bertugas agar melakukan persiapan yang matang. Mari kita bekerjasama dan sama-bekerja sehingga pelaksanaan ini bisa dilakukan dengan lancar dan sukses,”tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Herryandi Sinulingga AP mengatakan bahwa Dinkominfo siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan acara sesuai dengan tugas dan tupoksinya. “Kami Dinkominfo Muba siap mensupport, dan mensukseskan acara ini,”ungkapnya. (edy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here