Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Persoalan Parkir Masih Jadi PR PS Mall

Persoalan Parkir Masih Jadi PR PS Mall

Tanggal : Pukul :
156
0
Kondisi tempat parkir di PS Mall. (M.Tohir/detiksumsel.com)

Palembang,Detik Sumsel – Berada di lokasi strategis menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk mendatangi Palembang Square Mall dan Palembang Extension Mall, hanya saja jumlah kendaraan yang masuk tidak dibarengi dengan kapasitas parkir kendaraan.

Menurut Irwan Setiawan, Marcom Palembang Square Mall dan Palembang Extension mengakui jika lahan parkir mall yang ada di jalan POM IX tersebut terbatas khususnya untuk roda empat.

“Kapasitas parkir kendaraan untuk roda empat hanya 1.000 mobil sedangkan motor jumlahnya bisa mencapai 1.500 motor, itu juga lahannya masih terbatas,” ujar Irwan, Selasa (01/10).

Hanya saja sampai saat ini, mall yang sudah beroperasi sejak Agustus 2014 belum berencana melakukan penambahan kapasitas parkir kendaraan khususnya roda empat.

Termasuk area parkir dengan sistem bertingkat, padahal wacana ini sudah lama mengemuka sejak lama hanya saja sampai sekarang belum terealisasi.

“Kendaraan yang masuk juga bukan hanya ke mall tapi juga ke tempat lain, karena PS berada dalam kompleks yang ada rumah sakit dan hotel, jadi kebutuhan parkir memang tinggi,” Katanya

Masalah lain yang dihadapi manajemen mall yakni arus keluar masuk kendaraan utamanya mobil yang berganti hanya dua sampai tiga jam.

Durasi waktu tersebut akan semakin lama ketika akhir pekan, alhasil dengan kondisi seperti itu semakin membuat pengunjung kesulitan mendapat parkir roda empat.

Sedangkan untuk tarif parkir, di PS Mall hanya membebani sebesar Rp3.000 per jam untuk mobil dan Rp25.000 untuk flat, sedangkan motor sebesar Rp2.000 per jam dengan tariff flat Rp15.000.

Dari data, jumlah pengunjung yang masuk ke PS mall bisa mencapai 30.000-35.000 orang pada hari biasa dan meningkat pada hari libur dengan jumlah 40.000-45.000 orang.

Lahan parkir yang terbatas, susahnya mencari parkir di PS mall juga ditambah dengan akses pintu masuk dan keluar kendaraan roda empat yang masih menyisakan pekerjaan rumah terutama saat akhir pekan.

“Untuk gerbang pintu masuk roda empat, kita sudah menyiapkan banyak akses seperti di depan Grand JM, RS Siloam, Aryaduta Hotel, sedangkan motor bisa melalui depan RS Siloam dan jalan Pingpong,” bebernya.

Sedangkan untuk arus keluar mobil diarahkan ke gerbang keluar yang berada di jalan Angkatan 45 dan jalan POM IX sementara motor di depan RS Siloam dan jalan POM IX.

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi online, manajemen mall juga sudah menyiapkan tempat drop off yang berada di depan KFC agar arus lalu lintas tetap lancar ketika ada mobil yang akan masuk dan menurunkan penumpang. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here