Pemerintah Sumatera Selatan
ACT GLOBAL QURBAN
Beranda Ekonomi Permudah Bayar Pajak Kendaraan, BSB Hadirkan e-Dempo

Permudah Bayar Pajak Kendaraan, BSB Hadirkan e-Dempo

Tanggal : Pukul :
905
1
Dirut Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin bersama jajaran pimpinan lainnya. (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel – Bila secara nasional, ada namanya aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas), aplikasi android yang dibuat oleh Korlantas Polri RI, maka di Sumatera Selatan ada aplikasi serupa, namanya e-Dempo.

Fungsi Samolnas adalah melakukan indentifikasi, registrasi dan penetapan pajak kendaraan bermotor (hanya untuk pajak tahunan), verifikasi dilakukan secara sistem dan apabila verifikasi tersebut berhasil menampilkan kode bayar.

Sedangkan e-Dempo adalah aplikasi android yang dibuat Bapenda Provinsi Sumsel dapat di unduh/download melalui aplikasi play store. Fungsi e-Dempo sama dengan Samolnas, bedanya aplikasi e-Dempo merupakan buatan lokal Sumatera Selatan.

Sistem Pajak Online (e-Dempo) dan Samsat Online Sistem atau SOS merupakan sinergitas Bank Sumsel Babel bersama Ditlantas Polda Sumsel, Bapenda Provinsi Sumatera Selatan dan Jasa Raharja.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin, mengatakan tujuan launching untuk perkenalkan ke masyarakat layanan digital. “Tentunya dapat melakukan dari mana saja dan kapan saja,”ujar dia disela-sela launching di Kambang Iwak Palembang. Minggu (29/09).

Keberadaan aplikasi ini, sebagai bentuk dukungan dari kami, Bank Sumsel Babel untuk mendorong transaksi noon tunai dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah atau PAD, khusus dari pajak kendaraan bermotor.

Selain melalui teller dan ATM, Bank Sumsel Babel juga memberikan kemudahan bagi masyarakat Sumsel untuk membayar pajak kendaraan bermotornya dari mana saja, kapan saja tanpa harus datang ke kantor samsat hanya cukup melalui Mobile Banking Bank Sumsel Babel yang dapat diunduh melalui gadget/telepon seluler.

“Bank Sumsel Babel juga memberikan kemudahan untuk membayar pajak kendaraan dari mana saja dan kapan saja, bisa melalui mobile banking-nya BSB atau aplikasi e-Dempo yang dapat diunduh aplokasi melalui smartphone Anda,”jelasnya

Ditambahkanya Kemudahan bagi masyarakat, dihadirkan dalam bentuk banyak fasilitas yang mempermudah transaksi nasabah sehari-hari. “Ini merupakan ragam produk digital dari Bank Sumsel Babel untuk kemudahan dalam keuangannya,”katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini juga Mabuya kauturut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Pada kesempatan itu Gubernur Sumsel yang turut didampingi oleh, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Kapolda Sumsel, Dirlantas dan segenap unsur Forkopimda Sumsel melakukan ceremonial handscreen sebagai bentuk launching atas penggunaan aplikasi Samolnas dan E Dempo tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan Bank Sumsel Babel atas penggalakan gerakan non tunai di Sumatera Selatan dan juga membantu dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah khususnya dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Sementara itu Dirlantas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Dwi Asmoro SIK MH mengatakan kegiatan ini sekaligus dalam rangkaian merayakan HUT Lalu Lintas. “Ini sebagai wujud peningkatan layanan kepada masyarakat,”katanya.

Diutamakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat se-Sumatera Selatan. Kalau di tingkat nasional ada Samolnas, maka di Sumsel ada aplikasi namanya e-Dempo. Dimana saja dan kapan saja masyarakat bisa akses.(May)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here