Iklan
Pemprov
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel Endang Tri Wahyuningsi (istimewa)

Permintaan Meningkat Dorong Inflasi di Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel mencatat inflasi Sumsel pada April sebesar 0, 33 persen. Angka ini berdasarkan pendataan di dua daerah yakni inflasi Kota Palembang sebesar 0,33 Persen dan inflasi Kota Lubuk Linggau sebesar 0,32 Persen.

“Inflasi pada April ini masih terkendali,” kata Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih, Rabu (05/05).

Ia mengungkapkan, Komoditas dominan yang menyebabkan terjadinya Inflasi bulan April 2021 di Kota Palembang, antara lain: daging ayam ras, jeruk serta rokok. kretek filter, dan pepaya.

Sedangkan Kota Lubuk Linggau pada bulan April 2021 mengalami inflasi sebesar 0,32 persen, Inflasi Tahun Kalender (Kumulatif) sampai bulan April 2021 sebesar 0,49 persen. Inflasi Tahunan “Year on Year” (April 2021 terhadap April 2020) sebesar 2,08 persen.

Baca Juga :   Setahun Buron, Apriyadi Dibekuk Saat Kembali ke Rumah

Endang menambahkan, Komoditas dominan yang menyebabkan terjadinya deflasi di Kota Lubuk Linggau antara lain daging ayam ras, bawang putih, kentang dan angkutan udara.

Menurutnya, jika dibandingkan pada tahun sebelumnya tahun ini masih lebih baik. Mengingat pada periode tahun lalu bukan terjadi inflasi melainkan deflasi. Hal tersebut menunjukan pada tahun lalu rendahnya daya beli masyarakat karena masih periode awal pandemi.

“Pada April 2020 lalu memang daya beli masyarakat mengalami pelemahan sedangkan tahun ini lebih baik dan menunjukan peningkatan karena inflasi meski dalam kategori masih terkendali,” katanya.

Baca Juga :   Edarkan Sabu Ditempat Tinggalnya, Rusmin Diringkus Anggota Reskrim Polsek Sukarami

Selain, kata dia, jika berkaca pada tahun lalu pun seperti tidak ada hari raya mengingat masyarakat hanya dua hari kerja. Sedangkan tahun ini ada libur tapi mobilitas masyarakat dibatasi lantaran ada larangan mudik. Tapi merujuk beberapa sektor mulai mengalami permintaan.

“Terjadi peningkatan konsumsi apalagi THR sudah di saluran dan semoga Mei ini terus meningkat namun tetap memperhatikan Prokes,”tutupnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Fauzi Amro Tegaskan Fraksi NasDem Tolak Rencana Kenaikan Pajak Sembako dan Pendidikan, Ini Alasannya

Jakarta, Detik Sumsel – Pemerintah berencana akan menjadikan bahan pokok atau sembako serta biaya pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *