Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Palembang Peringati HUT ke 48 Tahun, Basarnas Palembang Doa Bersama Anak Panti Asuhan

Peringati HUT ke 48 Tahun, Basarnas Palembang Doa Bersama Anak Panti Asuhan

Tanggal : Pukul :
135
0
Peringati HUT ke 48 Tahun, Basarnas Palembang Doa Bersama Anak Panti Asuhan
Kepala Kantor pencarian dan pertolongan Palembang Hery Marantika SH MSi memberikan santunan kepada anak panti asuhan usai doa bersama peringatan HUT ke 48 Tahun Basarnas

Palembang, Detik Sumsel — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48, Jum’at (28/2/2020).

Kepala Basarnas Palembang Hery Marantika, S.H., M.Si mengatakan dinamika yang mewarnai perjalanan dalam tubuh Basarnas dari tahun ke tahun begitu beragam, hingga bisa sampai seperti sekarang di usia yang genap ke 48 Tahun.

“Basarnas saat ini telah menjelma menjadi institusi pemerintah yang berkompeten di bidang pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi pada kecelakaan, bencana maupun kondisi yang membahayakan manusia, sesuai yang di amanahkan dalam UU Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan” kata Hery dalam sambutannya pada pelaksanaan HUT ke 48 di Halaman Kantor Basarnas Palembang, Jum’at (28/02/2020).

Dijelaskan Hery, Basarnas mengkoordinir keterlibatan seluruh potensi SAR, baik dari unsur TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta maupun stakeholder bidang SAR lainnya. Tugas besar penuh tantangan, dan membutuhkan keseriusan kita semua yang pasti, namun kita tidak bekerja sendiri. Kita di dukung penuh oleh potensi – potensi SAR baik yang berada di pusat maupun yang di daerah. Sinergitas itu mutlak diperlukan mengingat kompleksitas dalam penyelenggaraan operasi SAR.

Baca Juga :   Basarnas Sumsel Gelar Pelatihan Potensi SAR di Musi Rawas

Pada peringatan HUT Ke – 48 ini yang bertemakan ” Profesional, Sinergi, Militan Untuk Indonesia Maju ” Basarnas senantiasa terus meningkatkan profesionalisme dan solidaritas dalam rangka menunjang kualitas sumber daya manusia.

“Musibah dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan dapat menimpa siapa saja, oleh karena itulah Basarnas dan Potensi SAR harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat, selama ini Sinergitas dan Soliditas antara Basarnas dan Potensi SAR menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan operasi SAR yang tidak dapat kita prediksi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bentuk Tim Satgas Bencana Alam

Untuk itu, lanjut Hery, komunikasi, kordinasi, dan kerjasama lintas sektoral, harus dipelihara dan ditingkatkan, agar kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi di suatu wilayah dengan cepat dapat memberikan respon pada saat terjadi kegawatdaruratan, baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia, yang berarti mempertahankan kinerja yang sudah baik, bahkan meningkatkannya.

Dalam rangka perayaan HUT Basarnas ke-48 Kantor Basarnas Palembang selain melaksanakan upacara dengan mengundang beberapa potensi SAR baik dari TNI, Polri, BPBD dan beberapa instansi terkait. Setelah melaksanakan upacara memperingati HUT Basarnas ke – 48 Kantor Basarnas Palembang melaksanakan Doa bersama seluruh pegawai kantor Basarnas Palembang bersama anak yatim piatu dari panti asuhan An Nafi berjumlah 30 orang dan melaksanakan potong tumpeng dalam rangka peringatan HUT Basarnas ke – 48.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here